Taspen Layani Cetak SPT Pajak Bagi Pensiunan

Selasa , 26 Mar 2013 15:53 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews - Sekretaris Perusahaan PT Taspen (Persero) Sudiyatmoko Sentot Sudiro mengatakan para penerima pensiun dapat mencetak SPT Pajak Tahunan dan mendapatkan bukti potongan pajak penghasilan Pasal 21 melalui situs (laman) PT Taspen.

"Para pensiun hanya tinggal membuka web Taspen dengan mengklik SPT Pajak sebelah kiri dalam portal Taspen. Klik kembali e-SPT di sebelah kanan dan akan diarahkan ke halaman baru, kemudian masukkan nomor pensiun atau NPWP," ujarnya dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Selasa (26/3).

Sudiyatmoko menegaskan dengan adanya kemudahan ini, para penerima pensiun tidak perlu untuk datang ke kantor cabang Taspen untuk mendapatkan bukti potongan pajak dan mencetak SPT Pajak Tahunan.

"Semua itu dapat diakses melalui web taspen dengan alamat www.taspen.com," katanya.

Dia menambahkan setiap tahunnya, warga negara yang mempunyai penghasilan diatas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP), termasuk penerima pensiun, wajib melaporkan SPT Tahunan kepada Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.

Jumlah penerima pensiun saat ini yang dibayarkan PT Taspen adalah sekitar 2,35 juta pensiunan dengan jumlah pembayaran tahun 2012 sekitar Rp59 triliun. Diperkirakan pada 2013, jumlah penerima pensiun sebanyak 2,4 juta dengan pembayaran Rp65 triliun.

Sementara, terkait dengan upaya penipuan, Sudiyatmoko mengingatkan kepada penerima pensiun agar tidak tergoda dengan adanya pesan pendek yang mengatasnamakan karyawan Taspen dengan memberi informasi adanya pembagian deviden.

"Semua informasi tidak benar bahwa PT Taspen tidak membagi deviden," ujarnya. (bus/ant)

Komentar Anda
Komentar facebook