Perpres Rencana Kerja Pemerintah 2014 Disahkan

Sebagai penjabaran terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014.
Selasa , 11 Jun 2013 12:01 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN/Bappenas) menyebutkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono telah mengesahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 39 Tahun 2013 tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2014.

Melalui laman resminya, Selasa (11/6), Bappenas menyebutkan RKP itu sebagai penjabaran terakhir dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014.

RKP 2014 memiliki arti yang penting dalam menuntaskan pencapaian sasaran-sasaran pembangunan Kabinet Indonesia Bersatu yang Kedua.

Karena itu kebijakan pembangunan yang dituangkan dalam RKP Tahun 2014 disusun berdasarkan arahan visioner presiden di berbagai kesempatan, perubahan lingkungan strategis baik internal maupun eksternal, serta program-program pembangunan yang pencapaian sasarannya membutuhkan kerja keras.

Sesuai dengan berbagai arahan tersebut dirumuskan tema pembangunan 2014 yang penjabarannya dituangkan dalam berbagai prakarsa untuk menjawab isu strategis pembangunan nasional.

Kebijakan pembangunan yang digariskan dalam RKP 2014 dibagi dalam tiga bagian, yaitu pertama, yang diarahkan untuk mencapai sasaran-sasaran prioritas pembangunan nasional, kedua untuk memperkuat pembangunan di berbagai bidang pembangunan, serta ketiga untuk memperkokoh kesatuan wilayah pembangunan seluruh Indonesia.

Pembangunan nasional merupakan upaya semua komponen bangsa yang dilaksanakan dalam rangka mencapai tujuan bernegara sebagaimana diamanatkan oleh Undang Undang Dasar Tahun 1945 dan berdasarkan Pancasila.

Pencapaian tujuan ini dilaksanakan secara bertahap, mulai dari jangka panjang, jangka menengah, hingga tahunan. Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025 menggariskan Visi Indonesia tahun 2025 yaitu Indonesia yang Mandiri, Maju, Adil dan Makmur yang pelaksanaannya dibagi ke dalam empat) tahap pembangunan jangka menengah.

Pembangunan tahun 2014 berada pada tahap jangka menengah yang kedua yang arahnya digariskan dalam RPJMN 2010-2014 dengan Visi Indonesia yang Sejahtera, Demokratis dan Berkeadilan. (Ant/DS)

Komentar facebook