Jika Nazaruddin Terlibat, Kasus STPI Ditangani KPK

Selasa , 02 Jul 2013 11:58 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews - Kejaksaan Agung (Kejagung) terus mendalami dugaan keterlibatan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, M Nazaruddin, dalam kasus dugaan korupsi pengadaan pesawat latih di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug, Tengerang, Banten.

Namun bila nantinya Nazaruddin terbukti terlibat, Kejagung akan menyerahkannya untuk ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kita itu sudah membuat kesepakatan dengan KPK, sepanjang yang menyangkut Nazaruddin itu ditangani oleh KPK," kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Andhi Nirwanto, di gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Selasa (2/7).

Penyerahan ke KPK, kata dia, mengingat banyaknya kasus yang diduga melibatkan Nazaruddin dan ditangani penyidik dari lembaga yang dipimpin Abraham Samad itu.

"Intinya kita akan koordinasi dengan KPK jika nanti ditemukan adanya keterlibatan Nazaruddin."

Kendati demikian, diakui Andhi, hingga saat ini Nazaruddin belum akan diperiksa meskipun namanya kerap disebut terkait dengan PT Pacific Putra Metropolitan (PT PPM), selaku pemasok pesawat latih untuk tahun anggaran 2010/2012 sebesar Rp138,8 miliar.

"Itu tergantung hasil penyidikan. Sejauh ini belum sampai ke arah sana."

Kasus berawal saat PT PPM menjadi pemasok untuk pengadaan 18 pesawat latih jenis Fix Wing dan dua simulator ke STPI Curug.

Masalah muncul saat pembayaran pesanan itu sudah lunas, tapi sampai akhir tahun kontrak hanya dua simulator dan enam pesawat saja yang datang. (Frida Astuti/mvw)

Komentar facebook