Kejagung Tetapkan 4 Tersangka Baru kasus Korupsi Sang Hyang Seri

Kamis , 18 Jul 2013 20:48 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews - Penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Agung menambah empat tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi pengadaan benih bibit Hibrida PT Sang Hyang Seri (SHS) tahun 2008-2012 di Kementerian Pertanian.

Keempat tersangka baru yang berasal dari PT SHS tersebut, yakni berinisial R, NS, EBS dan YMP.

Dikatakan Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung, Setia Untung Arimuladi di kantornya, Kamis (18/7) empat yang dijadikan tersangka berdasarkan Surat Perintah Penyidikan No: Print 89-92/F.2/Fd.1/07/2013, tanggal 17 Juli 2013.

"Tersangka itu, berinisial R selaku mantan Direktur Keuangan & SDM PT SHS tahun 2008-2011, inisial NS selaku Mantan Direktur Litbang tahun 2008-2011, inisial EBS selaku Mantan Dirut PT.SHS dan inisial YMP selaku Mantan Direktur Produksi PT SHS tahun 2008-2011," papar Untung.

Penambahan tersangka ini berarti Pidsus Kejagung telah menetapkan tujuh 7 orang tersangka, yang semuanya berasal dari PT SHS. Adapun tiga tersangka sebelumnya, yakni mantan Dirut PT SHS  Kaharuddin, Karyawan PT SHS Subagyo, dan Manajer Kantor Cabang Tegal PT SHS Hartono.  

Dalam kasus ini penyidik menemukan bukti permulaan yang cukup, adanya korupsi dalam kasus pengadaan bibit terkait adanya rekayasa proses pelelangan/tender untuk memenangkan PT Sang Hyang Seri.

Bukti lain yaitu dalam pengadaan benih kedelai fiktif dengan modus pengelembungan harga (mark up) volume maupun harga benih kedelai serta penyaluran subsidi benih tidak sesuai peruntukan melainkan ke perorangan dan ke kios-kios.(frida astuti/bus)

Komentar Anda
Komentar facebook