Sidang Lanjutan PK Susno Duadji Kembali Digelar

Senin , 19 Ags 2013 08:28 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews - Sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK) yang diajukan terpidana kasus korupsi Komjen pol (purn) Susno Duadji kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Untuk sidang kali ini beragendakan tanggapan jaksa penuntut umum.

"Disampaikan sebagai kontra memory PK. Sidangnya dilanjutkan hari Senin (19/8) ini," singkat kuasa hukum Susno, Untung Sunaryo melalui pesan singkatnya, di Jakarta, Senin (19/8)

Diketahui, beberapa alasan dijadikan Susno dalam isi PK-nya diantaranya  tidak dicantumkanya perintah supaya terdakwa ditahan, atau tetap dalam tahanan, atau dibebaskan dalam putusan kasasi Mahkamah Agung (MA) sebagaimana Pasal 197 ayat (1) huruf k KUHAP.

Keberatan kedua, yakni kesalahan dalam putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta terhadap Susno. Di mana isi dari putusan itu yakni 'menerima permintaan banding dari terdakwa dan penuntut umum. Mengubah Putusan Pengadilan Negeri Jaksel Nomor: 1288/Pid.B/2010/PN.Jkt.Sel, tanggal 21 Februari 2011 yang dimintakan banding tersebut'.

Kesalahannya yakni putusan PN Jaksel Nomor: 1288/Pid.B/2010/PN.Jkt.Sel, tanggal 21 Februari 2011 yang diubah ialah bukan perkara Susno. Tetapi perkara milik terdakwa kasus korupsi lain, yakni Humala Setia Leonardo Napitupulu.

Berdasarkan ketentuan yang diatur dalam Pasal 197 ayat (2) KUHAP dan penjelasannya, maka kekeliruan dan kesalahan seperti yang diperlihatkan dalam putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta batal demi hukum. "Dan tidak ditolelir oleh KUHAP."

Selain itu, Susno juga menyertakan bukti baru berupa dokumen yang membuktikan kalau dirinya tak bersalah dalam kasus korupsi dana pengamanan Pemilukada Jawa Barat 2008.

Dokumen yang dimaksud Susno adalah rekapitulasi pemasukan dan pengeluaran dana Pemilukada Jabar yang dilaporkan Kepala Bagian Keuangan Polda Jabar, Maman Abdurahman, ke Susno saat masih menjabat sebagai Kapolda Jabar. (frida astuti/bus)

Komentar facebook