DPRD DKI Setujui Raperda RDTR dan Peraturan Zonasi

Rabu , 11 Des 2013 19:17 WIB
  
  
A+ | Reset | A-

Skalanews -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta akhirnya menyetujui Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) DKI tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) dan Peraturan Zonasi yang disusun oleh Pemprov DKI.

"Kami menyatakan setuju Raperda tentang RDTR dan Peraturan Zonasi," ujar Ketua DPRD DKI Ferial Sofyan, Rabu (11/12) di Gedung DPRD DKI. 

Dalam laporan Badan Legislasi Daerah DPRD DKI Jakarta, kesepakatan ditetapkannya Raperda tersebut terwujud, Kamis (5/12), setelah melalui proses penggodokan dengan mengkaji pasal-pasal dalam Peraturan Perundangan yang berlaku.

Adapun mekanisme pembahasan yang dilakukan oleh Balegda bersama eksekutif terhadap pembahasan Raperda tersebut telah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang pada Pasal 18 ayat (1) yang menyatakan, rencana tata ruang wilayah provinsi dan rencana rinci tata ruang terlebih dahulu mendapat persetujuan substansi dari Menteri.

"Balegda juga telah mensingkronkan isi Raperda tentang RDTR dan Peraturan Zonasi dengan Perda nomor 1 tahun 2012 tentang RTRW 2030," ujar Anggota Badan Legislasi Daerah DPRD DKI, Perdata Tambunan.

Selain itu, lanjut Perdata, pihaknya juga telah melibatkan peran serta masyarakat dalam mengkaji Raperda RDTR dan Peraturan Zonasi ini, dengan menggelar penjaringan aspirasi dengan pakar, fokus grup diskusi, workshop di tingkat Kecamatan, drop box di tingkat Kelurahan sampai pembuatan website. (Dedirambe/buj)

Komentar Anda
Komentar facebook