Sabtu, 18 November 2017 | 05:52 WIB
Harga sayur mayur juga relatif stabil karena pasokan komoditas tersebut cukup aman.
Minggu Kedua Puasa, Harga Bahan Pokok Stabil
Minggu, 7 Agustus 2011 | 15:12 WIB
Menteri Perekonomian Hatta Radjasa -
Jakarta - Menteri Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan, saat ini harga sejumlah bahan pokok di pasaran cenderung stabil setelah sempat mengalami kenaikan harga pada saat memasuki bulan puasa kemarin.

"Pantauan hari ini harga relatif stabil. Kenaikan sempat terjadi pada awal masa puasa namun sekarang mulai stabil," ujar Hatta, di sela-sela kunjungan ke Pasar Baru, Bandung, Minggu (7/8).

Dia menjelaskan, kunjungan tersebut bertujuan memantau perkembangan harga dan stok bahan pokok selama puasa dan menjelang lebaran. Menurutnya, berdasarkan pantauan, harga bawang merah dan bawang putih relatif stabil di kisaran Rp10.000-Rp12.000 per kilogram.

Harga sayur mayur juga relatif stabil karena pasokan komoditas tersebut cukup aman. Lonjakan harga sempat terjadi pada awal puasa karena sebagian besar pedagang meliburkan diri. "Sesuai laporan pedagang, sekarang pasokan sudah lancar, yang jualan juga banyak," lanjutnya.

Namun, katanya, fluktuasi harga masih terlihat pada daging sapi. Harga daging sapi lokal saat ini sebesar Rp65.000 per kilogram. Sebelumnya harga daging tersebut sebesar Rp60.000 per kilogram. "Kadang naik, kadang turun. Kalau naik bisa sampai Rp70.000 per kilogram," ujar Hatta.

sementara, rata-rata harga beras telah mengalami kenaikan Rp800 per kilogram dari harga sebelum puasa. Seperti beras rojolele, yang sebelum puasa harganya Rp7.800 per kilogram dan mengalami kenaikan menjadi Rp8.500 per kilogram. "Kenaikan ini diperkirakan akan terus berlanjut sampai batas kenaikan harga sebesar Rp1.000 per kilogram," kata Hatta. (wah)