Sabtu, 18 November 2017 | 05:51 WIB
Sampai sejauh ini, rencana eksport ke Korea Selatan sebanyak 200 ribu ton.
Beras Premium Boleh Diekspor Jika Stok Aman
Senin, 8 Agustus 2011 | 15:59 WIB
Ilutrasi (skalanes.com-Eddy Tarigan) -
Jakarta - Menteri Pertanian Suswono mengatakan, pemerintah telah memberikan lampu hijau kepada daerah-daerah yang ingin melakukan ekspor beras premium ke luar negeri. Dengan syarat persediaan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri sudah tercukupi.

"Beras premium itu boleh kita ekspor, sepanjang stoknya memang aman, sepanjang tidak ganggu kebutuhan dalam negeri," ujar Suswono di Kantor Perekonomian, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Senin (8/8).

Menurutnya, dengan mengekspor beras premium selain bisa mendapatkan keuntungan yang besar, daya beli masyarakat Indonesia sendiri belum terlalu besar untuk menggunakan beras jenis tersebut."Beras premium ini saya kira bagus karena harganya sangat tinggi, apalagi mau diekspor ke Korea Selatan. Dengan harga yang tinggi petani pasti dapat keuntungan lebih baik," katanya.

Sementara itu, Menteri Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan, pemerintah telah merestui permohonan Pemda Sulawesi Selatan untuk mengekspor beras premium produksinya karena dinilai konsumsi beras jenis tersebut di dalam negeri masih cenderung minim. "Kita mempertimbangkan untuk mengizinkan itu, mengingat beras tersebut adalah beras yang khusus atau beras sangat premium yang memang konsumsi di dalam negerinya sangat kecil," ujarnya.

Seperti diketahui, Pemda Sulsel dikabarkan mengajukan permohonan untuk ekspor beras premium ke Korea Selatan. Hal ini sehubungan dengan permintaan dari Negeri Ginseng tersebut sebesar 200 ribu ton beras premium. (wah)