Selasa, 23 Mei 2017 | 12:04 WIB
Internasional
Jubir NTC juga berkata bahwa jenazah Mutassim dan mantan mentri pertahanan Abu Bakr Yunis akan dibawa ke kota Misurata barat.
Tentara NTC Juga Temukan Jenazah Putra Gaddafi, Mutassim
Jumat, 21 Oktober 2011 | 00:50 WIB
-
Jenasah anak laki-laki Muammar Gaddafi, Mutassim, telah ditemukan di kota Sirte. Demikian jubir NTC, seperti diberitakan AFP, Kamis (20/10).

Jubir NTC juga berkata bahwa jenazah Mutassim dan mantan mentri pertahanan Abu Bakr Yunis akan dibawa ke kota Misurata barat. Muammar Gaddafi tewas akibat luka-luka yang dideritanya setelah ditangkap dalam pertempuran di Sirte, Kamis (20/10).

Selain Gaddafi, komandan angkatan bersenjata Gaddafi Abu Bakar Jabr Younus juga didapati tewas. Dalam beberapa minggu terakhir, gerak maju tentara Dewan Transisi Nasional (NTC) Libya tertahan di Sirte oleh kuatnya pertahanan loyalis Gaddafi.

Kota itu dipertahankan mati-matian karena selain merupakan benteng pertahanan terakhir Gaddafi, Sirte adalah kampung halaman sang pemimpin. Namun, menyusul jatuhnya Bani Walid -benteng loyalis Gaddafi lainnya- tentara NTC bisa mengkonsentrasikan tentaranya ke Sirte.

Berita meninggalnya Gaddafi menyusul pengumuman NTC bahwa mereka berhasil mengambil alih kota itu Kamis siang. Seorang komandan lapangan tentara NTC Abdul Hakim Al Jalil membenarkan tewasnya Gaddafi tersebut.

"Keduanya sekarang dikirim ke ruang operasi," katanya. Selain itu NTC juga mengaku berhasil menangkap mantan juru bicara Gaddafi Moussa Ibrahim.

Sebelumnya, komandan NTC lainnya membenarkan tertangkapnya Gaddafi namun tak merinci apakah dia hidup atau mati. "Dia ditangkap dan terluka di kedua kakinya, dan sekarang sudah dibawa dengan ambulan," kata Abdel Majid. [mad]