Sabtu, 18 November 2017 | 05:55 WIB
Semua elemen bangsa ini harus mampu menjaga stabilitas keamanan dan stabilitas perekonomian
Menkeu Yakin Indonesia Luput dari Krisis Eropa
Senin, 3 Oktober 2011 | 13:34 WIB
-
Skalanews - Krisis utang yang terjadi di beberapa negara eropa, diyakini tidak akan berimbas pada perekonomian Indonesia. Hal itu diutarakan Menteri Keuangan (Menkeu) Agus Martowardojo, Senin (3/10).       

"Jika kita bisa menjaga stabilitas keamanan dan taat terhadap praktik tata kelola perusahaan (corporate governance) berdasarkan praktik-praktik internasional berlaku, maka imbas krisis di Eropa tidak sampai ke Indonesia," ungkap Menkeu, di Nusa Dua, Bali, saat acara "2011 Asian Roundtable on Corporate Governance" (ARCG).

Karena itu, sambung menkeu, semua elemen bangsa ini harus mampu menjaga stabilitas keamanan dan stabilitas perekonomian. "Tata kelola perusahaan yang baik tentu tidak akan terimbas oleh krisis utang yang terjadi di Eropa saat ini," ujarnya.

Forum ARCG, merupakan forum regional untuk berbagi pengalaman dan mengembangkan praktik tata pengelolaan perusahaan dengan memperkenalkan penggunaan Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD). Forum ini kali pertama diselengggarakan pada 1999.

Menurut Agus, pada 2003 para peserta forum menyetujui suatu rencana aksi dalam rangka meningkatkan tata kelola perusahaan.

Sejak itu, kata dia, timbul berbagai inisiatif dari peserta forum, antara lain peninjauan ulang atas peraturan-peraturan yang ada, adopsi standar akuntansi internasional dan inisiatif lainnya.

"Pertemuan kali ini juga membahas rencana aksi ke depannya, yang secara khusus akan mencakup berbagai tantangan dalam praktik tata kelola perusahaan di Asia," katanya.

Pertemuan tersebut berlangsung hingga Selasa (4/10) dihadiri sekitar 216 peserta dari anggota 34 negara. (buj)