Sabtu, 18 November 2017 | 06:03 WIB
Survei ini warning keras bagi Kejagung karena ketidakpercayaan dan ketidakpuasan tertinggi. Kehadiran Kejagung tidak dirasakan publik
Survei JSI Peringatan Keras untuk Kejagung
Rabu, 2 November 2011 | 22:06 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy [foto-ist] -
Skalanews - Kejaksaan Agung (Kejagung) menduduki peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum yang tidak dipercaya masyarakat berdasarkan survei Jaringan Suara Indonesia (JSI). Survei ini merupakan peringatan bagi Kejagung.     

"Survei ini warning keras bagi Kejagung karena ketidakpercayaan dan ketidakpuasan tertinggi. Kehadiran Kejagung tidak dirasakan," tegas Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy usai pemaparan hasil survei JSI di Jakarta, Rabu, (2/11).

Tjatur juga menilai, terpilihnya Polri sebagai lembaga yang paling dipercaya masyarakat dikarenakan Polri-lah yang paling dekat dengan masyarakat.

"Polisi memelihara ketertiban, keamanan masyarakat dan yang paling penting, polisi punya tugas melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat. Wajar saja polisi lebih dekat dengan masyarakat," bebernya beralasan.

Diberitakan sebelumnya, hasil survei JSI membuktikan Kejagung menduduki peringkat pertama sebagai lembaga penegak hukum yang tidak dipercaya masyarakat. Lembaga berseragam coklat-coklat itu hanya memperoleh tingkat kepercayaan publik sebesar 46.0 persen saja.

Sedangkan Polri menempati urutan pertama dan memperoleh tingkat kepercayaan publik sebesar 58.2 persen. Disusul, KPK memperoleh 53 persen, MA 47.8 persen, dan MK 47.3 persen.

Sementara dari sisi tingkat kepuasan atas kinerja lembaga penegak hukum, lagi-lagi Kejagung menduduki posisi terendah yakni dengan tingkat kepuasaan hanya 41.1 persen saja. Sedangkan Polri masih berada di posisi teratas dengan perolehan 53.6 persen.

Dan ketiga lembaga penegak hukum lainnya yaitu KPK memperoleh tingkat kepuasan sebesar 45.0 persen, MK 43.5 persen, dan MA 42.1 persen. Survei ini sendiri dilakukan 10 - 15 Oktober 2011 dengan jumlah sampel 1200 responden. (frida astuti/bus)