Minggu, 25 Juni 2017 | 00:08 WIB
Piala Dunia U-20 2017 Gunakan Teknologi VAR
Kamis, 18 Mei 2017 | 00:27 WIB
Teknologi VAR/ilustrasi -

Skalanews - FIFA akan menggunakan video assistant referee (VAR) pada Piala Dunia U-20 2017 yang akan berlangsung di Korea Selatan. Ini adalah yang pertama bagi turnamen level junior.

Turnamen yang akan mulai digelar pada 20 Mei itu akan memiliki peranan penting dalam pengembangan uji coba VAR. Sebab, akan ada 52 pertandingan di enam tempat yang akan menerapkan penggunaan teknologi video.

Teknologi itu akan membantu para wasit dalam membuat keputusan-keputusan krusial, seperti gol, penalti, kartu merah langsung, dan kesalahan dalam melakukan identifikasi.

Seperti dilansir Goal, Rabu (17/5), dalam uji coba tersebut. VAR akan memiliki akses untuk melihat berlangsungnya laga secara detail lewat rekaman video di suatu ruang operasional. Ini membuat mereka bisa memberikan informasi kepada wasit di lapangan dengan tujuan mengoreksi jika ada keputusan yang kurang tepat.

VAR akan memiliki peran membantu wasit utama, seperti para asisten wasit dan ofisial keempat. Tapi, tetap saja sang wasit utama yang berhak mengambil keputusan final di lapangan.

Penggunaan VAR pertama kali diuji coba dalam turnamen Piala Dunia Antarklub 2016 di Jepang Desember lalu, dan kemudian juga akan diuji pada berbagai kompetisi di dunia mulai 2017. (day)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar