Sabtu, 18 November 2017 | 06:00 WIB
HSBC: Kemudahan Berbisnis Kunci Tarik Investasi
Rabu, 2 Agustus 2017 | 22:08 WIB
-

Skalanews - Presiden Direktur PT Bank HSBC Indonesia, Sumit Dutta, mengatakan perbaikan tingkat kemudahan berbisnis (ease of doing business/EODB) di Indonesia merupakan kunci utama untuk menarik investasi asing ke dalam negeri.

"Kalau bisa memang perlu dipermudah untuk investor domestik dan internasional memulai bisnis dengan cepat di Indonesia," kata Sumit dalam acara temu media di Jakarta, Rabu (2/8).

Ia memandang bahwa pemerintah Indonesia saat ini tengah berfokus meningkatkan kemudahan berbisnis tersebut agar dapat menarik investor.

Sumit juga mengapresiasi peningkatan peringkat EODB Indonesia menurut Bank Dunia dari semula 106 menjadi 91.

"Pemerintah Indonesia semakin mendukung bisnis dan investasi dengan memangkas birokrasi dan 'red tape'. Saya percaya pemerintah dapat membawa EODB Indonesia ke peringkat 40," kata dia.

Selain itu, Sumit juga menyoroti peran penting Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) untuk membangun sistem satu pintu yang mempermudah investor berinvestasi dan memperbaiki ekosistem bisnis di Indonesia.

Ia mengatakan apabila fungsi BKPM menjadi 'one stop shop' dapat berjalan dengan baik, maka investor akan lebih tertarik untuk datang ke Indonesia.

"Mungkin mereka akan berinvestasi dalam jumlah yang tidak begitu besar dahulu, lalu mereka melihat dan memahami potensi besar Indonesia untuk kemudian berinvestasi lagi," ucap Sumit.(ant/dbs)