Senin, 24 Juli 2017 | 13:37 WIB
Triwulan II, BI Proyeksikan Ekonomi Tumbuh 5,1 Persen
Kamis, 18 Mei 2017 | 21:46 WIB
BI -

Skalanews - Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II atau periode April-Juni 2017, akan tumbuh di 5,1 persen (year on year/yoy), salah satunya karena berlanjutya perbaikan kinerja ekspor.

"Proyeksi kami, triwulan II 5,1 persen, dan triwulan III serta triwulan IV bisa di atas 5,2 persen," kata Gubernur BI Agus Martowardojo usai jumpa pers di Jakarta, Kamis (18/5).

Bank Sentral memandang kinerja ekspor berpeluang terus membaik, karena meningkatnya permintaan komoditas dari mitra ekspor China dan India. Khusus untuk ekspor industri manufaktur, permintaan dari importir Eropa juga naik.

"Indeks harga komoditas ekspor kita diperkirakan naik sekitar 15 persen," ujar Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo.

Selain ekspor, Perry menuturkan daya beli masyarakat juga diperkirakan terus membaik sehingga akan mendorong pertumbuhan konsumsi rumah tangga.

Perry memprediksi pertumbuhan konsumsi rumah tangga di tiga triwulan terakhir bisa melebihi lima persen. Pada triwulan pertama, konsumsi rumah tangga tumbuh 4,99 persen.

Namun, BI juga meminta pemerintah untuk mempercepat realisasi belanja modal agar dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi.

"Kita harapkan belanja modal ini akan mendorong pertumbuhan investasi khususnya bangunan dan bisa menstimulasi pertumbuhan ekonomi," ujar dia.

Selain investasi bangunan, Perry melihat investasi non-bangunan juga akan menggeliat didorong perbaikan kinerja ekspor.

"Jadi proyeksi kami untuk kseluruhan tahun, pertumbuhan ekonomi masih di titik tengah (midpoint) 5-5,4 persen," ujar Perry. (bus/antara)