Jumat, 24 November 2017 | 22:04 WIB
Minim Kewenangan, KPPU Konsisten Basmi Kartel
Jumat, 10 Juni 2016 | 22:29 WIB
-

Skalanews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) berkomitmen untuk tetap konsisten membasmi oknum-oknum kartel, yang 'bermain' dibalik harga-harga komoditas perdagangan di Indonesia, meskipun kewenangan yang mereka miliki saat ini masih sangat minim.

Ketua KPPU, Muhammad Syarkawi Rauf mengakui, bahwa kewenangan yang dimiliki oleh pihaknya dalam upaya menciptakan persaingan usaha yang sehat di Indonesia, memang masih sangat minim. Salah satunya yakni KPPU tidak bisa melakukan penggeledahan.

"Kewenangan investigasi. Kita tidak minta kewenangan menyadap, tapi ya paling tidak kita diberi kewenangan untuk menggeledah. Kita sampai saat ini enggak punya kewenangan itu," kata Syarkawi saat berbincang dengan Skalanews.com di Jakarta, Selasa (7/6).

Padahal, jelas Syarkawi, dimana-mana persekongkolan itu sulit untuk dibuktikan. Karena prinsipnya, tidak ada kartel yang dinyatakan secara terbuka. Oleh karena itu dibutuhkan kewenangan yang lebih untuk melakukan investigasi terhadap hal tersebut. (Risman Afrianda)