Selasa, 23 Mei 2017 | 12:00 WIB
Rumah Sakit Pertamina Jaya, Fokus Layani Peserta BPJS
Kamis, 15 September 2016 | 18:23 WIB
Dr. Duta Liana, MARS - [skalanews]

Skalanews - Rumah Sakit Pertamina Jaya (RSPJ) memfokuskan diri untuk mengawal program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), lantaran hal tersebut telah menjadi kebutuhan seluruh rakyat Indonesia terutama golongan menengah ke bawah.

Direktur RSPJ, Dr. Duta Liana, MARS menuturkan bahwa fokus pelayanan terhadap peserta BPJS itu kebetulan memang sesuai dengan akreditasi RSPJ yang masih termasuk tipe C, yang menampung pelayanan rujukan BPJS dari pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

"Ingin naik jadi tipe B. Ada untung ruginya sih, C atau B. Tapi di era JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) saat ini, rasanya bertahan di tipe C itu lebih banyak peluang untuk melayani pasien BPJS," kata Duta kepada skalanews.com di RSPJ, Senin (5/9).

Lagipula, RS yang beralamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Cempaka Putih, Jakarta Pusat ini sudah memiliki sejumlah klinik-klinik di bawah pengelolaan mereka, yang tersebar di area Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek).

"Di era JKN ini, di mana pemerintah menargetkan seluruh penduduk sudah terdaftar menjadi peserta pada 2019, ya kita siap tidak siap, terutama untuk Grup Pertamina memang harus men-support kebijakan pemerintah tersebut," ujarnya.

Terkait dengan proses penerapannya sendiri, Duta menyebut bahwa dilihat dari bentuk kerjasamanya antara pihak BPJS Kesehatan dengan RSPJ sebenarnya sudah sangat baik. Hanya terkendala sedikit dalam hal melakukan verifikasi klaim.

"Karena verifikator dari BPJS-nya itu kan tidak 'full time' berada di RSPJ. Mungkin karena RS kita tipe C, dianggap masih sedikit pasiennya. Oleh karena itu kami berharap, bahkan RS lain pun banyak yang minta, agar di setiap RS ada verifikator khusus yang 'full time'," tukas dia. (Risman Afrianda)