Senin, 20 November 2017 | 18:47 WIB
Ombudsman Panggil Satgas Pangan, Klarifikasi Kasus Beras PT IBU
Kamis, 27 Juli 2017 | 14:45 WIB
-

Skalanews - Ombudsman hari ini mengundang sejumlah penyidik dan Satgas Pangan serta Direktorat Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri untuk dimintai klarifikasi terkait penggerebekan gudang milik PT Indo Beras Unggul (PT IBU) di Karawang, Jawa Barat.

"Tahapannya kami masih mengundang, pendalaman. Dua hari lalu PT IBU kita undang beri penjelasan, sampai hari ini masih pendalaman, bukan pemanggilan," kata W‎akil Ketua Ombudsman, Lely Pelitasari Soebekty di gedung Ombudsman, Jakarta, Kamis (27/7).

Disambung Lely, pihaknya akan menanyakan terkait prosedur kepada jajaran Polri, seperti proses penggerebekan sampai dengan potensi maladministrasi dalam pengusutan kasus beras tersebut.

"Kewajiban kami lihat potensi maladministrasi prosedur hukum yang dilakukan. Kedua, kita akan melihat kebijakannya, latar belakang atau dasar hukum dari kebijakannya, kita akan uji kebijakannya," sambung Lely.

Selain itu Ombudsman juga akan melihat informasi yang disampaikan pihak Satgas yang belakangan meresahkan masyarakat terkait beras yang diproduksi PT IBU.

"Adakah mised di sana yang membuat masyarakat resah dan simpang siur info misalnya. Definisi beras premium, medium, info tentang kerugian, kita coba liat verifikasi dan validasi terkait bisnis beras maupun hitung-hitungannya secara ekonomi," pungkasnya.(Frida Astuti/dbs)