Senin, 20 November 2017 | 00:29 WIB
Sidang Buni Yani
Hakim Minta Jaksa Hadirkan Ahok, Jaksa Agung: Kesaksian di BAP Sama
Selasa, 8 Agustus 2017 | 15:18 WIB
Jaksa Agung HM Prasetyo dan Direktur Utama Bank BNI Achmad Baiquni - [Frida Astuti/Skalanews]

Skalanews - Ketua Majelis Hakim M Sapto yang menyidangkan perkara Buni Yani meminta agar Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) ke persidangan.

Diketahui dalam persidangan perkara pelanggaran UU ITE yang menjerat Buni Yani, yang digelar pagi ini, Selasa (8/8) di Gedung Dinas Perpusatakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Bandung, JPU yang diketuai Andi M Taufik mengajukan permohonan kepada Majelis Hakim untuk membacakan BAP kesaksian Ahok.

Namun permohonan itu ditolak dan Majelis Hakim memerintahkan JPU agar mendatangkan Ahok ke persidangan. Terkait hal ini, Jaksa Agung HM Prasetyo ikut berkomentar.

"Ahok sudah pernah diperiksa dan diperiksa di bawah sumpah," kata Prasetyo di Kejagung, Jakarta Selatan.

Dijelaskan Prasetyo, kesaksian di bawah sumpah tersebut yang kemudian dimasukkan dalam BAP ketika dibacakan di dalam persidangan maka nilainya akan sama dengan kesaksian yang diberikan secara langsung di muka hakim.

"Ini kan tentunya semua orang tahu bahwa si Ahok sendiri sedang menjalani pidananya. Sementara tentunya akan lebih praktis untuk membacakan saja apa yang sudah disampaikan dalam pemeriksaan yang lalu. Toh pemeriksaan dilakukan di bawah sumpah, jadi nilainya sama dengan yang bersangkutan hadir di persidangan," tutupnya.(Frida Astuti/dbs)


  
  
TERPOPULER
Index +