Sabtu, 25 November 2017 | 08:36 WIB
Buni Yani Divonis 1,5 Tahun
Selasa, 14 November 2017 | 17:25 WIB
Buni Yani - [Deni Hardimansyah/Skalanews]

Skalanews - Majelis hakim Pengadilan Negeri Bandung menjatuhkan vonis 1,5 tahun penjara kepada Buni Yani.

Majelis hakim yang diketuai Ketua Majelis Hakim M Sapto menilai Buni Yani terbukti secara sah melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

"Menyatakan terdakwa Buni Yani telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana informasi transaksi elektronik (ITE)," kata Saptono saat membacakan putusan dalam persidangan yang digelar di Gedung Arsip dan Perpustakaan Kota Bandung, Selasa (14/11).

Buni Yani dinyatakan terbukti mengubah video mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mengutip Surah Al Maidah Ayat 51 saat pidato di Kepulauan Seribu.

"Menjatuhkan pidana oleh karena itu kepada terdakwa dengan pidana selama 1 tahun dan enam bulan," imbuhnya.

Dalam putusannya, hakim menyatakan bahwa hal yang memberatkan terdakwa di antaranya adalah perbuatan Buni Yani mengakibatkan keresahan umat beragama, tidak memberi contoh yang baik sebagai dosen. Buni Yani juga diakui tak menyesali perbuatannya dan tidak mengaku bersalah.

Sedangkan hal yang meringankan diantaranya Buni Yani belum pernah dihukum dan memiliki tanggungan keluarga.

Vonis terhadap Buni Yani lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum yakni dua tahun penjara ditambah denda Rp100 juta subsider kurungan tiga bulan.(Frida Astuti/dbs)