Sabtu, 25 November 2017 | 08:53 WIB
Pasangan Sapi 'Hajar Bos' Juarai Karapan Sapi Piala Presiden
Senin, 30 Oktober 2017 | 00:09 WIB
Karapan Sapi Piala Presiden 2017 di Pamekasan - [ist]

Skalanews - Hajar Bos. Itulah nama pasangan sapi pacu yang berhasil menjadi Juara Karapan Sapi Piala Presiden 2017. Tradisi karapan sapi yang dikenal dengan sebutan Karapan Sapi Gubeng itu merupakan agenda tahunan setelah panen tembakau usai.

Pasangan sapi 'Hajar Bos' merupakan wakil dari Kabupaten Pamekasan.

Seperti diketahui, Karapan Sapi Piala Presiden menjadi puncak ajang serupa yang digelar di empat Kabupaten di Madura, yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Sumenep, dan Kabupaten Pamekasan sebagai tuan rumah.

Juara kedua diraih pasangan sapi bernama 'Jet Matik II' dari Kabupaten Sampang dan Juara ketiga direbut pasangan sapi bernama 'Panther' dari Kabupaten Bangkalan.

Tradisi karapan sapi yang digelar Minggu (29/10), di Stadion Raden Soenarto Hadiwidjojo Pamekasan ini menyedot perhatian ratusan peternak sapi. Sayang, tradisi turun temurun yang berlangsung sejak sebelum kemerdekaan itu sepi penonton.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disbudpar) Pamekasan, Achmad Syaifudin menjelaskan Karapan Sapi Piala Presiden 2017 ini dikuti 24 pasang sapi dari 4 kabupaten Pamekasan.

"Karapan sapi ini dari tahun ke tahun memang mulai ditinggalkan penonton. Tapi, minat para peternak sapi di Madura tetap tinggi untuk merawat sapi pacu," kata Syaifudin.

Namun bagi Syaifudin, menurunnya antusias penonton tidak menjadi halangan bagi dirinya untuk tetap mempromosikan tradisi Karapan Sapi.

"Tidak ada alasan bagi saya untuk tidak melakukan promosi Karapan Sapi. Bahkan, saya selalu promosikan di setiap ajang pameran pembangunan yang diikuti Kabupaten Pamekasan. Termasuk saat pameran di Jakarta Fair," tuntas Syaifudin. (Anang Adriyanto/bus)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar