Sabtu, 16 Desember 2017 | 16:08 WIB
Internasional
29 Orang Tewas, Ratusan Hilang, Akibat Hutan Terbakar di California
Jumat, 13 Oktober 2017 | 12:38 WIB
Ilustrasi - [ist]

Skalanews - Para pemadam kebakaran diturunkan Kamis waktu setempat (12/10), untuk memadamkan api dalam kebakaran hutan yang sudah menewaskan paling sedikit 29 orang di California Utara, --selain membuat ratusan orang hilang.

Laporan sebelumnya menyebut enam nyawa melayang, dan merupakan jumlah korban paling buruk akibat kebakaran hutan di California dalam  84 tahun.

Sekitar 3.500 rumah dan tempat usaha musnah terbakar. Kebakaran di North Bay ini, dianggap sebagai paling mematikan selama sejarah Californiay.

Api telah melalap lahan seluas 77.000 hektare atau hampir seluas wilayah Kota New York, meluluhlantakkan Kota Santa Rosa, dan menyisakan rongsokan kendaraan dan batang hutan yang hangus terbakar.

Penyebab kebakaran tengah diselidiki pihak berwajib. Namun hubungan pendek litrik dan angin kencang, sudah dianggap sebagai biang keladi kebakaran mahahebat ini.

Angin kencang, --seperti dilansir Reuters--, juga yang mencegah api sulit dipadamkan oleh sekitar 8.000 petugas pemadam kebakaran. (reuters/ant/tat)