Senin, 20 November 2017 | 00:44 WIB
Internasional
Polandia Tak Akan Tinggalkan Uni Eropa
Jumat, 10 November 2017 | 16:02 WIB
Polandia -

Skalanews - Perdana Menteri Polandia Beata Szydlo pada Kamis (9/11) mengatakan negaranya tidak akan mengikuti jejak Inggris dan meninggalkan Uni Eropa (UE), namun mengkritik Komisi Eropa karena melangkahi instruksinya.

"Mayoritas rakyat Polandia mendukung kehadiran Polandia di UE. Tidak ada partai di parlemen Polandia yang ingin Polandia keluar dari UE," ujar Szydlo di sebuah konferensi kebijakan luar negeri di Warsawa.

"Sementara itu, ada banyak upaya untuk meyakinkan publik Eropa bahwa Polandia anti-Eropa atau bahkan ada ancaman Polexit," tambahnya, sebagaimana dilaporkan AFP.

"Saya ingin mengatakan hal ini dengan tegas dan jelas: hal semacam itu tidak akan terjadi. Polandia adalah bagian dari UE dan UE bagian dari Polandia juga."

Warsawa dan Brussel semakin sering berselisih mengenai sejumlah isu, termasuk reformasi pengadilan kontroversial pemerintah Partai Hukum dan Keadilan (Prawo i Sprawiedliwosc/PiS).

Pemerintah PiS, yang berkuasa pada 2015, juga membantah perintah Mahkamah Eropa untuk menangguhkan penebangan kayu di Hutan Bialowieza, hutan purba terakhir di Eropa.(antara/dbs)


  
  
TERPOPULER
Index +