Senin, 20 November 2017 | 00:45 WIB
Korupsi
KPK Periksa Airin Rachmi Diany
Rabu, 4 Mei 2016 | 13:10 WIB
Airin Rachmi Diany - [deni hardimansyah/skalanews]

Skalanews - Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany mendatangi Gedung KPK, Jakarta Selatan, Rabu (4/5). Mengenakan kemeja warna putih, istri Tubagus Chaeri Wardana atau Wawan itu memasuki ruang steril untuk para saksi penyidikan KPK.

Ketika ditemui wartawan Airin enggan berkomentar apapun. Ia lebih memilih bungkam.

Sementara itu, menurut Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati, Airin diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Wawan.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka TCW," ujar Yuyuk.

Seperti diketahui, KPK masih melakukan penyidikan akan TPPU yang dilakukan adik kandung mantan Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah tersebut.

Wawan ditetapkan sebagai tersangka dalam dugaan TPPU pada 10 Januari 2014. Pasalnya, terdapat 1.200 kontrak paket pekerjaan dari 300 perusahaan yang diduga digunakan Tubagus Chaeri Wardana.

Wawan diduga menggunakan ratusan perusahaan yang diatasnamakan anak buahnya itu untuk memenangkan berbagai proyek di Banten.

Kontrak proyek itu dilakukan dari kurun waktu 2002 hingga 2013. Sebagian besar proyek itu adalah proyek di Pemerintahan Provinsi Banten, Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, dan Pemerintahan Kabupaten Pandeglang.

Selain itu, Wawan juga ditetapkan atas berbagai korupsi yaitu korupsi pengadaan alat kesehatan di Tangerang Selatan, serta suap sengketa Pilkada Lebak.

KPK pun menyangka Wawan melanggar Pasal 3 dan/atau Pasal 4 Undang-undang nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana.

Selain itu, Wawan juga diduga melanggar Pasal 3 ayat (1) dan/atau Pasal 6 ayat (1) Undang-undang nomor 15 tahun 2002 sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang nomor 25 tahun 2003 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana. (Bisma Rizal/Bus)


  
  
TERPOPULER
Index +