Senin, 18 Desember 2017 | 14:03 WIB
Korupsi
Pemeriksaan Internal Dirdik Aris, KPK: Belum Ada Update
Kamis, 12 Oktober 2017 | 06:45 WIB
Brigjen Aris Budiman - [rilis]

Skalanews - Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkapkan jika pemeriksaan internal terhadap Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK Brigjen Aris Budiman belum dapat diumumkan. Sebab, proses tersebut masih di Dewan Pertimbangan Pegawai (DPP).

"Update-nya akan disampaikan lebih lanjut setelah proses di DPP selesai dan keputusan diambil dalam pengawas internal ini," katanya saat ditemui wartawan di  kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (11/10).

Febri mengatakan apabila laporan itu dikembalikan ke DPP maka ada indikasi pelanggaran berat yang dilakukan. Namun keputusan itu masih diuji lagi.

"Dalam aturan yang ada di internal KPK, ketika ada indikasi-indikasi temuan pelanggaran berat maka itu dibawa ke DPP untuk diuji di sana. Jadi keputusannya juga masih harus diuji lebih lanjut di sana," kata Febri.

Seperti diketahui, Direktorat Pengawasan Internal dan Pengaduan Masyarakat (PIPM) melakukan pemeriksaan internal terhadap Brigjen Aris.

Pertama, terkait dengan e-mail penyidik KPK Novel Baswedan yang dipermasalahkan Aris Budiman; kedua, terkait nama Brigjen Aris yang muncul di rekaman penyidikan dalam persidangan dengan terdakwa Miryam S Haryani; dan yang ketiga terkait kehadiran Brigjen Aris di rapat dengar pendapat dengan Pansus Hak Angket untuk KPK.

"Yang pasti penegakan aturan dalam pengawasan internal ini bagi kami sangat penting untuk menjaga integritas institusi," tegas Febri. (Bisma Rizal/bus)