Jumat, 24 November 2017 | 22:04 WIB
Korupsi
Adik Gamawan Fauzi Bersaksi Diperkara Andi Narogong
Senin, 13 November 2017 | 14:16 WIB
Andi Agustinus [Andi Narogong] - [Deni Hardimanyah/Skalanews]

Skalanews - Adik mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Azmin Aulia bersaksi dalam sidang perkara dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11).

Azmin dihadirkan Jaksa KPK untuk membuktikan dakwaan terhadap Andi Agustinus atau Andi Narogong.

Selain Asmi, Jaksa KPK juga menghadirkan, Mudjirachmat Kurniawan, Asmi Aulia, Indy, Slamet Aji Pamungkas, Herianawati dan Raden Gede.

"Sedangkan ada tiga orang lagi yang akan dikonfrontasi seperti, Made Oka Masagung, Sugiharto dan Muda Icshan Harahap," tutur Jaksa KPK saat dalam persidangan.

Azmin diduga berhubungan dengan Direktur Utama PT Sandipala Arthaputra, Paulus Tanos, yang merupakan anggota konsorsium e-KTP.

Bahkan, pernah terjadi peralihan aset antara Azmin dan Paulus. Yakni sebuah ruko di Jalan Wijaya dan tanah di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan.

Dalam persidangan, Johanes Richard Tanjaya alias Johanes Tan mengatakan, ia mengetahui bahwa Paulus bersama-sama dengan adik kandung Gamawan, Azmin Aulia, menyiapkan dana Rp1 triliun - Rp2 triliun untuk proyek e-KTP.

Gamawan sendiri pernah membantah mengenai keterlibatan adiknya dalam korupsi proyek pengadaan e-KTP.

Sementara itu, Made Oka Masagung dan Icshan Muda Harahap berkaitan dengan penerimaan uang yang besarnya mencapai 1,8 juta dolar AS dari Johannes Marliem.

Oka merupakan teman dekat Ketua DPR RI Setya Novanto sebagaimana keduanya sama-sama pengurus di Kosgoro. Sedangkan Icshan Muda adalah teman dekat keponakan Setya Novanto, Irvanto Pambudi.(Bisma Rizal/dbs)