Jumat, 24 November 2017 | 22:04 WIB
Korupsi
Teman Keponakan Novanto Keluarkan Tagihan Pekerjaan e-KTP
Senin, 13 November 2017 | 17:01 WIB
-

Skalanews - Teman dekat keponakan Setya Novanto, Irvanto Pambudi, Ichsan Muda Harahap pernah melakukan penagihan pekerjaan integrasi antara server L1 dengan printer Fargo dalam proyek e-KTP.

Hal itu diungkapkan oleh Komisaris PT Softorb Teknologi Indonesia, Mudji Rachmat Kurniawan saat bersaksi dalam perkara dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11).

Mudji yang bersaksi untuk terdakwa Andi Agustinus atau Andi Narogong menyebutkan Andi pernah menanyakan penagihan pembayaran pekerjaan integrasi.

"Pak Andi pernah tanya ke saya ini pekerjaan integrasi ditagih kemana," jelas Mudji.

Mudji pun menyebutkan jika yang mengerjakan integrasi adalah Biomorf Mauritius perusahaan milik Johannes Marliem.

"Kemudian saya dapat invoice (tagihan) pekerjaan integrasi dari pak Ichsan Muda," tutur Mudji.

Setelah mendapatkan invoice itu, Mudji pun meneruskan ke sebuah perusahaan sales direction Printer Fargo di Malaysia.

Hal ini pun menjadi pertanyaan Jaksa KPK karena yang mengerjakan siapa dan yang menagih siapa.

"Ini yang mengerjakan Biomorf terus yang nagih kok Andi terus yang mengeluarkan invoice adalah Ichsan Muda bukan kah ini sesuatu yang aneh," cecar Jaksa KPK.

Mudji pun menyebutkan, jika sepengetahuannya Biomorf berhubungan dengan Andi. "Kan ada hubungan pak Andi dengan Biomorf," tuturnya.

Mudji pun mengakui, jika Ichsan Muda yang memiliki perusahaan dengan nama Solution tidak melakukan pekerjaan di e-KTP. "Setahu saya tidak melakukan pekerjaan total tagihannya seingat saya adalah 200 ribu dolar AS," tuturnya.

Mudji juga mengakui, Irvanto dengan Ichsan sering terlihat di ruko Fatmawati. Namun, dirinya tidak tahu apakah keduanya saling mengenal.(Bisma Rizal/dbs)