Jumat, 24 November 2017 | 22:03 WIB
Korupsi
Teman Ponakan Setya Novanto Akui Terima Uang
Senin, 13 November 2017 | 18:08 WIB
Pengadilan Tipikor -

Skalanews - Teman Keponakan Setya Novanto Irvanto Pambudi, Ichsan Muda Harahap mengakui menerima transferan uang dari mantan bos Gunung Agung, Made Oka Masagung.

Hal itu diungkapkan oleh Ichsan saat bersaksi dalam persidangan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (13/11).

Ichsan yang menjadi saksi untuk terdakwa Andi Agustinus atau Andi Narogong mengaku mengetahui menerima uang melalui transfer dari Oka atas informasi Irvanto. "Kemudian saya ambil semua dan saya serahkan semua ke Irvanto," tuturnya.

Oka sendiri mengaku transferan itu dilakukan setelah memperoleh uang 1,8 juta dolar AS dari Johannes Marliem yang merupakan pemilik Biomorf Mauritius.

Mengapa transfer uang ke Ichsan Muda? Oka mengaku lupa. "Saya tidak ingat mengapa saya mentransfer uang tersebut," jelasnya.

Menurut salah seorang jaksa KPK yang enggan disebutkan namanya, diduga uang 1,8 juta dolar AS adalah jatah Ketua DPR RI Setya Novanto dengan layering Made Oka Masagung.

Setya Novanto sendiri oleh KPK sudah ditetapkan kembali sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, pihaknya mendapatkan bukti baru dan kuat jika Ketua Umum Partai Golkar itu terlibat.(Bisma Rizal/dbs)