Jumat, 15 Desember 2017 | 19:14 WIB
Korupsi
KPK Kembali Periksa Manajer Connaught International Pte. Ltd
Kamis, 7 Desember 2017 | 14:14 WIB
-

Skalanews - KPK kembali memeriksa Manajer Connaught International Pte. Ltd. Sallyawati Rahardja sebagai saksi dalam kasus dugaan suap mesin pesawat Garuda tahun 2004-2015 lalu.

Menurut Juru Bicara KPK Febri Diansyah, Sally diperiksa sebagai saksi untuk mantan Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Emirsyah Satar.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka ESA," ujar Febri saat dikonfirmasi wartawan, Jakarta, Kamis (7/12).

Pemeriksaan ini bukanlah yang pertama dalam minggu ini bagi Sally diperiksa KPK, pada Selasa (5/12), ia juga dicecar penyidik KPK untuk tersangka lainnya yakni, Beneficial Owner Connaught Internasional Soetikno Soedarjo. Dia dimintai keterangan terkait dengan dugaan korupsi tersebut.

"Jadi ada informasi yang coba ditanyakan kepada saksi yang penyidik anggap mungkin saksi mengetahui informasi tersebut," ujar Kabag Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan.

KPK menetapkan Emirsyah Satar dan Soetikno Soedarjo, sebagai tersangka kasus suap pengadaan pesawat dan mesin pesawat. Emirsyah diduga menerima suap dari Soetikno, yang nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk uang dan barang. Duit yang diduga diterima Emirsyah sebesar 1,2 juta euro dan USD 180 ribu.

Selain uang, Emirsyah diduga menerima suap dalam bentuk barang dengan total nilai USD 2 juta. Barang-barang yang terkait dengan dugaan suap itu tersebar di Singapura dan Indonesia.(Bisma Rizal/dbs)