Jumat, 15 Desember 2017 | 19:06 WIB
Korupsi
Ketua PN Jakpus Jadi Hakim Setya Novanto, Ini Kata KPK
Jumat, 8 Desember 2017 | 01:18 WIB
-

Skalanews - Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Yanto bakal menjadi Ketua Majelis Hakim yang menangani sidang perkara Setya Novanto terkait kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

Menanggapi hal itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengaku tidak mempermasalahkan hal tersebut. Sebab, pihaknya yakin akan independensi hakim.

"Kami percaya dengan independensi dan imparsialitas kekuasaan kehakiman, yang ditunjukkan dari hakim-hakim yang akan mengadili secara independen," katanya saat ditemui wartawan di gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (7/12).

Penetapan majelis hakim untuk perkara Setya Novanto tersebut dilakukan karena hakim Jhon Halasan Butarbutar dimutasi ke daerah.

Febri pun menambahkan, hal itu sebagai penghormatan terhadap wilayah peradilan.

"Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari komposisi majelis hakim yang baru, kami hormati itu dan kami akan buktikan seluruh dakwaan yang sudah kita sampaikan tersebut," ujar Febri.

Sementara, susunan majelis hakim lainnya akan sama seperti dalam dua persidangan kasus korupsi pengadaan e-KTP sebelumnya.

Mereka yakni, Franky Tambuwun, Emilia Djaja Subagja, Anwar dan Anshori Saifuddin. Ke empat anggota majelis hakim itu disebut memimpin persidangan untuk tiga terdakwa, yakni Irman, Sugiharto dan Andi Agustinus alias Andi Narogong. (Bisma Rizal/bus)