Senin, 26 Juni 2017 | 03:36 WIB
KM Mutiara Sentosa 1 Terbakar di Masalembu, Tiga Tewas
Sabtu, 20 Mei 2017 | 08:16 WIB
Korban KM Mutiara Sentosa di Puskesmas Masalembu -

Skalanews - Kapal Motor (KM) Mutiara Sentosa 1 terbakar di 3 mil timur laut Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Madura, sekira jam 19.30 Jumat (19/5/2017). Sebanyak 41 orang penumpang kapal saat ini dirawat di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Masalembu. Peristiwa ini mengingatkan kebakaran KM Tampomas 2 di perairan yang sama.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Suwandi membenarkan perihal penumpang kapal terbakar yang dirawat di Puskesmas Masalembu. Dia mengatakan, berdasarkan laporan yang diterimanya tercatat ada 178 orang penumpang terdiri  44 orang anak buah kapal (ABK) dan 134 orang passenger on board (POB).

Korban selamat yang masih dalam proses pendataan adalah 89 orang sudah berada di Syahbandar Masalembu, 41 ada di Puskesmas Masalembu, 30 orang proses evakuasi dan sedang menuju daratan dan 30 orang lainnya masih di lambung Kapal KM Mutiara Sentosa 1.

"Saya mendapat laporan kapal terbakar sekitar jam setengah delapan tadi malam. Posisi kapal disebutkan berada di 05°33.01 S - 114° 34.25 E atau 3 mil timur laut Pulau Masalembu," papar AKP Suwandi, Sabtu (20/5).

Suwandi mendapat laporan dari bintara jaga Polsek Masalembu yang menyebutkan 160 orang penumpang kapal berhasil dievakuasi ke daratan Pulau Masalembu sebanyak 160 orang.

"Laporan itu saya terima jam setengah sebelas tadi malam," kata Suwandi sembari merinci 89 orang sudah berada di Syahbandar; 41 ada di Puskesmas Masalembu, 30 proses evakuasi dan sedang menuju daratan. Sehingga total ada 160 orang.

Dari sejumlah keterangan yang masuk, Suwandi menjelaskan, kebakaran terjadi di cardeck dan api semakin membesar serta tidak mampu dipadamkan dengan alat pemadan api ringan (apar) dan sprinkle. Pihak nahkoda kapal memerintahkan pada semua ABK dan POB abandon ship (meninggalkan kapal).

"Kapal KM Mutiara Sentosa 1 ini dari Surabaya menuju Balikpapan dengan kapten kapal Pak Yudi," kata Suwandi.

Untuk melakukan evakuasi, selain mengerahkan kapal KN SAR 225, Basarnas juga melibatkan kapal milik Kansar Mataram.

Suwandi meneruskan pesan WAG (whatsapp grup) yang menyebutkan ada 3 orang penumpang kapal dinyatakan meninggal dunia.

"Update info..utk korban KM Mutiara Sentosa 1...jumlah korban yg sdh ditemukan hingga saat ini smntr 10 org (3 meninggal dunia, 7 selamat)," kata Suwandi membacakan pesan Humas basarnas @humas_basarnas. (Anang Adriyanto/bus)