Jumat, 24 November 2017 | 22:01 WIB
Menggembirakan, Minat Terbang Warga Madura Via Bandara Trunojoyo
Kamis, 12 Oktober 2017 | 19:43 WIB
Wings Air di Bandara Trunojoyo - [Anang Adriyanto/Skalanews]

Skalanews - Semenjak dibuka Rabu 27 September 2017 lalu, minat terbang warga Madura melalui Bandara Trunjoyo Sumenep cukup siginifikan. Saban hari jadwal terbang maskapai Wings Air cukup dipadati penumpang dengan rata-rata 80 persen seat.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Wahyu Siswoyo, mengatakan, layanan terbang dengan pesawat jenis ATR-72 milik maskapai Wings Air mendapat respon positif warga Madura. Utamanya warga yang berdekatan dengan Bandara Trunojoyo, seperti warga Sumenep, Pamekasan dan Sampang.

"Kalau warga Bangkalan lebih memilih berkendara lewat darat menyeberangi Jembatan Suramadu. Mereka bisa terbangk melalui Bandara Juanda yang lebih dekat," kata Wahyu, Kamis (12/10).

Menurut Wahyu, selama dua pekan penerbangan dibuka respon calon penumpang lumayan bagus. Bahkan, saban hari 80 persen kursi dari 72 seat diborong penumpang. Baik penumpang yang terbang dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Juanda, maupun sebaliknya.

Ada dua jadwal penerbangan di Bandara Trunojoyo Sumenep. Yaknni, penerbangan Surabaya - Sumenep dijadwalkan pukul 12.40 - 13.20 WIB. Sedangkan penerbangan Sumenep - Surabaya pukul 13.40 - 14.20 WIB.

Wahyu menjelaskan, dari sisi profesi penumpang kebanyakan dari masyarakat umum. Ada juga berprofesi pengusaha dan investor. Sedangkan untuk wisatawan perlu digenjot promosinya karena masih belum signifikan.

"Ada fenomena menarik. Sejumlah pekerja yang melakukan perjalanan Sabtu-Minggu dari Sumenep pulang ke Surabaya atau sebaliknya dari Surabaya ke Sumenep terlihat rutin memanfaatkan jasa penerbangan Wings Air," pungkas Wahyu.(Anang Adriyanto/dbs)