Jumat, 24 November 2017 | 22:02 WIB
Pajak Restoran Sumbang Pendapatan Terbesar PAD Manado
Rabu, 15 November 2017 | 08:51 WIB
ilustrasi -

Skalanews - Badan Pengelola Pajak dan Retribusi (BPPR) Manado menyatakan pajak restoran masih menjadi penyumbang pendapatan asli daerah terbesar di kota ini.

"Pajak restoran di Manado, menyumbang Rp53,98 miliar bagi pendapatan asli daerah hingga akhir Oktober 2017," kata Kepala BPPR Manado, Harke Tulenan, di Manado, Selasa (14/11).

Tulenan mengatakan, jika dilihat secara keseluruhan untuk satu tahun anggaran, maka realisasi pajak restoran mencapai 94,99 persen, dari target Rp56,8 miliar pada tahun ini.

"Itu pun adalah target dalam perubahan APBD 2017, tetapi jika dihitung dari APBN induk maka realisasi PAD Manado dari pajak restoran sudah lebih dari 100 persen, mengingat pada induk ditargetkan sebesar Rp51,87 miliar," katanya pula.

Dia optimistis bisa mencapai target yang ditetapkan sampai akhir tahun, dengan bekerja semaksimal mungkin, sehingga bisa membiayai semua pembangunan yang diprogramkan daerah.

Wakil Ketua DPRD Manado Richard Sualang mendorong BPPR untuk makin memaksimalkan kinerja, sehingga bisa mencapai target yang ditetapkan, supaya pendapatan daerah secara umum, bisa didongkrak naik.

"Pengalaman selama ini, realisasi pendapatan asli daerah dari pajak dan retribusi daerah itu rata-rata di atas 90 persen, dan itu adalah angka yang baik, sehingga kami mendorong untuk makin memaksimalkan kinerja," katanya pula.

Realisasi di atas 94 persen, menurut Sualang, akan membangun kembali keutuhan keluarga melalui semua program pembangunan yang ditetapkan pemerintah dalam visi misi serta berbagai usulan dari DPRD setempat. (bus/antara)