Jumat, 24 November 2017 | 22:01 WIB
Tegur Kejagung, ORI Minta Perbaiki Pelayanan Publik
Senin, 25 April 2016 | 18:57 WIB
Ketua ORI, Amzulian Rifai. - (ist)

Skalanews -Jajaran Ombudsman Republik Indonesia (ORI) hari ini, Senin (25/4) menemui Jaksa Agung Muhammad Prasetyo. Kedatangan jajaran ORI untuk meminta korps Adhyaksa itu memperbaiki pelayanan publik.

Dikatakan Ketua ORI Amzulian Rifai, dalam kurun waktu 2015 ada sekitar 147 laporan masyarakat terkait kinerja kejaksaan. Yang dilaporkan kebanyakan perihal penundaan pelayanan dan laporan yang tidak ditindaklanjuti.

"Tentu juga ada penyalahgunaan wewenang dan itu umum terjadi di lembaga-lembaga yang lain," kata Amzulian di gedung Kejagung, Jakarta Selatan.

Dibeberkan Amzulian, ORI banyak menerima pengaduan dari masyarakat terkait kinerja lembaga-lembaga negara salah satunya yakni kejaksaan. Di tahun 2015, sebanyak 6.854 laporan masyarakat masuk.

"Kepentingan Ombudsman agar seluruh lembaga tampil ditengah-tengah masyarakat memberikan pelayanan yang baik sehingga bukan hanya lembaga itu baik dan akhirnya bangsa ini eksis dan ada ketika masyarakat itu butuh. Pembangunan kejaksaan kepentingan kita semua," tutupnya.

Sementara itu Prasetyo menyambut baik langkah ORI yang memberi 'teguran' kepada institusi yang dipimpinnya. Menurut Prasetyo selama ini pihaknya selalu menerima masukan.

"Apapun yang terjadi masukan dari Ombudsman semakin diperhatikan dan ditindaklanjuti oleh kejaksaan," pungkasnya.(Frida Astuti/Wan)