Kamis, 19 Oktober 2017 | 19:50 WIB
Tingkatkan Pengawasan Internal, Kemnaker Lantik Auditor Ahli Utama
Jumat, 21 Juli 2017 | 22:11 WIB
Sunarno (ketiga dari kiri) usai melantik Auditor Ahli Utama Mardiningsih - [biro humas kemnaker

Skalanews - Kementerian Ketenagakerjaan RI (Kemnaker) melalui Inspektorat Jenderal (Itjen) Kemnaker melantik Auditor Ahli Utama baru. Pelantikan ini merupakan bukti komitmen Kemnaker untuk terus meningkatkan pengawasan pemerintahan. Guna meningkatkan layanan dan mewujudkan good governance.

Adapun, pegawai yang dilantik menjadi Auditor Ahli Utama yang baru ini adalah Mardiningsih. Sebelumnya, Kemnaker telah memiliki pejabat Auditor Ahli Utama, Ester Ani Panjaitan.

"Bertambahnya jumlah jabatan Auditor Ahli Utama, diharapakan akan memperkuat peranan Itjen Kemnaker sebagai Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar bisa memberi sumbangsih yang lebih baik untuk kemajuan Kementerian Ketenagakerjaan," kata Inspektur Jenderal (Irjen) Kemnaker, Sunarno saat memberikan sambutan pada acara 'Pelantikan Auditor Ahli Utama Kementerian Ketenagakerjaan RI' di Kantor Kemnaker, Jumat (21/7).

Irjen Sunarno menjelaskan, acara pelantikan ini adalah ketentuan dari Pasal 87 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Dengan adanya pelantikan Auditor Ahli Utama ini, ia sangat berharap prestasi internal pemerintahan Kemnaker dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Seperti, predikat laporan keuangan Kemnaker yang mencapai wajar tanpa pengecualian (WTP), peningkatan kapabilitas APIP menuju level 3, kesiapan kita menuju evaluasi Telaah Sejawat oleh K/L (tata cara kerja/mekanisme pelaksanaan audit Itjen Kemnaker dievaluasi oleh K/L lain), mewujudkan 3 unit eselon II yang ditunjuk sebagai wilayah Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBK/WBBM), peningkatan LAKIP, peningkatan WBS, penanganan benturan kepentingan, penangan saber pungli, pengendalian gratifikasi, dan sebagainya.

"Kepada Bapak/Ibu Auditor, baik yang dilantik maupun yang hadir dalam ruangan Inspektorat Jenderal. Saya mengajak, mari bersama-sama kita tingkatkan dan pertahankan kinerja Kementerian yang telah diperoleh melalui kegiatan Reformasi Birokrasi, Zona Integritas, Laporan Keuangan, audit, SPIP, Review, dan lain-lain," urainya.

Auditor Ahli Utama adalah pejabat yang berperan penting terhadap pelaksanaan pengendalian mutu internal pemerintahan. Sebagai jenjang jabatan fungsional tertinggi, Auditor Ahli Utama bertugas:
1. Mendampingi/memberikan keterangan ahli dalam proses penyidikan dan atau peradilan kasus hasil pengawasan;
2. Mengendalikan mutu pelaksanaan kegiatan pengawasan (audit, evaluasi, reviu, pemantauan, dan pengawasan lain);
3. Melaksanakan kegiatan perencanaan pengawasan;
4. Melaksanakan kegiatan evaluasi pengawasan.

Irjen Kemnaker pun berpesan untuk terus bekerja dan berkarya sesuai dengan jabatan dan fungsinya. Baginya, setiap pos jabatan memiliki arti dan peranan penting terhadap kemajuan pemerintah.

"Berbuatlah meskipun itu kecil dan tidak terlihat. Namun, yakinlah kerja keras Bapak/Ibu akan berdampak pada positif atau negatifnya Kementerian," pungkasnya. (deddi bayu/bus)