Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:31 WIB
Densus Tipikor Butuh Rp2,6 Triliun, Kapolri Minta Bantuan DPR
Kamis, 12 Oktober 2017 | 18:17 WIB
-

Skalanews - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta kepada Komisi III DPR untuk membantu percepatan pembentukan Densus Tipikor. Bantuan tersebut termasuk soal anggaran.

"Kami memohon kepada Komisi III terkait pembentukan Densus Tipikor ini pertama untuk Pemerintah agar mempercepat proses pembentukan Densus Tipikor," kata Tito dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan Kapolri, Kamis (12/10).

"Kemudian kedua, kami mohon dukungan juga saat nanti rapat dengan Pemerintah untuk pemenuhan anggaran, sarana prasarana," sambungnya.

Disebut Tito, Densus tersebut membutuhkan dana awal Rp2,6 Triliun. Dengan rincian Rp786 miliar untuk biaya pegawai, Rp359 miliar untuk operasional penyelidikan dan penyidikan, serta Rp1,55 triliun untuk membuat sistem dan kantor serta pengadaan alat penyelidikan, surveilance, dan penyidikan.‎

"Kalau ditotal mencapai Rp2,6 triliun," terangnya.

Tito memastikan, pembentukan Densus Tipikor ini sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo pada dua bulan lalu. Kemudian, Polri juga sudah berkoordinasi dengan Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"‎Kami sudah mengajukan permohonan kepada Presiden untuk menyampaikan paparan dalam rapat kabinet terbatas yang diikuti oleh Kementerian lembaga lainnya. Ini sedang kami tunggu waktunya," akuinya.(Frida Astuti/dbs)