Selasa, 24 Oktober 2017 | 14:24 WIB
Kapolri Ingin Jaksa Gabung Densus Tipikor, Prasetyo: Ada Nggak Aturannya?
Jumat, 13 Oktober 2017 | 14:11 WIB
HM Prasetyo -

Skalanews - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian diketahui menginginkan agar Kejaksaan Agung bergabung dengan Detasemen Tindak Pidana Korupsi (Tipikor).

Tito memandang perlu adanya Jaksa Penutut Umum (JPU) yang tinggal 'satu atap' dengan densus agar nantinya berkas penyidikan perkara tak bolak balik.

Menanggapi permintaan Kapolri tersebut, Jaksa Agung HM Prasetyo memberi isyarat pihaknya tetap tak ingin bergabung.

"Bukan berarti kita saling membaurkan diri, bukan tapi dalam bersinergi perlu," kata Prasetyo di gedung Kejagung, Jakarta Selatan, Jumat (13/10).

Menurut Prasetyo belum ada aturan resmi atau Undang-Undang yang mengatur bahwa penuntut umum dalam densus adalah berasal dari Kejaksaan.

"Ada enggak aturannya? Kalau KPK iya ada, UU mereka yang mengatakan penuntut umumnya itu jaksa. Kita ke sana. Kalau densus ada engga aturannya itu," cetusnya.

Prasetyo mengingatkan dalam melakukan proses peneggakkan hukum maka terlebih dulu aparaturnya taat hukum.

"Kalau mau menegakan hukum jangan menerobos peraturan semua harus diikuti harus taat asas. Kalau sudah ada UU seperti itu kita akan mengirimkan jaksa kita. Kalau belum tentunya kita mengatakan bahwa kita mengacu UU yang ada yaitu KUHAP," pungkas Prasetyo.(Frida Astuti/dbs)