Bulava diharapkan masuk layanan Angkatan Laut Rusia tahun depan.

Rusia Siapkan Uji Coba Terakhir Rudal Bulava

Rabu , 16 Nov 2011 18:21 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Rusia menjanjikan akan melakukan tes terakhir rudal balistik Bulava akhir November tahun ini.

"Ini akan menjadi peluncuran salvo dari kapal selam strategis Yury Dolgoruky yang setidaknya akan meluncurkan dua rudal," kata sumber dari industri pertahanan strategis Rusia, Rabu (16/11). Tes kali ini merupakan kali keempat sepanjang tahun ini dan total telah meluncurkan 18 rudal.

Meski beberapa peluncuran mengalami kegagalan yang secara resmi disebut sebagai kesalahan manufaktur, militer Rusia menegaskan bahwa Bulava tetap akan menjadi persenjataan utama dari kapal selam strategis generasi selanjutnya.

Bulava (SS-NX-30) adalah rudal balistik yang diluncurkan dari platform kapal selam yang  mampu membawa hingga 10 hulu ledak MIRV dan memiliki jangkauan lebih dari 8.000 kilometer (5.000 mil). Rudal tiga-tingkat itu nantinya akan ditempatkan di atas kapal selam nuklir kelas Borey.

Kapal selam nuklir Rusia kelas Borey pertama adalah, Yury Dolgoruky, yang baru saja menyelesaikan uji coba di Laut Putih, dan diharapkan segera masuk layanan Angkatan Laut Rusia dalam waktu dekat, sembari menunggu hasil pengujian Bulava.

Sementara itu, sumber Angkatan Laut Rusia kepada RIA Novosti, mengatakan kapal selam kelas Borey kedua, Alexander Nevsky, akan mulai tahap kedua uji laut dalam tiga hari mendatang jika cuaca memungkinkan. "Kapal selam itu siap untuk uji laut untuk menguji kinerjanya dan komunikasi," kata sumber itu.

Kapal 750 juta dolar itu diharapkan menuntaskan uji lautnya dan diharapak paling lambat siap masuk layanan tahun 2012 mendatang. Sementara dua kapal selam nuklir kelas Borey lainnya Vladimir Monomakh dan Nikolai Svyatitel (St Nicholas) sedang dalam tahap penyelesaian.
Rusia berencana membangun delapan kapal selam jenis ini hingga tahun 2015 mendatang. (nug)
Komentar Anda
Komentar facebook