Namun belum terungkap seberapa besar nilai tuntutan Yahoo pada Facebook.

Yahoo Berencana Gugat Facebook atas Pelanggaran Paten

Selasa , 28 Feb 2012 12:38 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Yahoo menggugat Facebook atas lisensi penggunaan teknologi menyusul kembali mengamuknya 'pertempuran paten' di sektor teknologi.

Yahoo mengajukan tuntutan paten yang mencakup mekanisme teknis dalam iklan Facebook, kontrol privasi, feed berita dan layanan pesan.

Kemarin, Senin (27/2) wakil dari kedua perusahaan betemu untuk membahas 10 hingga 20 paten Yahoo. Namun belum terungkap seberapa besar nilai tuntutan Yahoo pada Facebook. 

Yahoo tidak merinci detail dari diskusi mereka dengan Facebook, namun mengindikasikan mereka tidak gentar untuk menantang raksasa jejaring sosial itu ke pengadilan. 

Yahoo mengatakan perusahaan lain yang memiliki lisensi dalam beberapa teknologi itu akan bertindak secara sepihak jika Facebook menolak untuk membayar lisensi paten mereka.

"Yahoo memiliki tanggung jawab untuk para karyawan pemegang saham dan stakeholder lainnya untuk melindungi kekayaan intelektualnya," kata pernyataan yang dirilis Yahoo.

Juru bicara Facebook mengatakan Yahoo menghubungi pihaknya beberapa waktu terakhir dan mengaku belum memiliki kesempatan untuk sepenuhnya mengevaluasi klaim mereka.

Jika benar nantinya Yahoo menggugat Facebook,  gugatan tersebut akan menandai pertempuran besar antara raksasa teknologi di bidang media sosial dan akan mengeskalasi 'pertempuran' lain seperti dengan Apple Inc, Microsoft Corp dan Motorola Mobility.(nug)

Komentar Anda
Komentar facebook