Pembangunan konstruksi ruas tol Solo-Kertosono dibangun oleh pemerintah dan swasta.

Proyek Tol Solo-Kertosono Ditargetkan Selesai 2014

Minggu , 08 Apr 2012 17:56 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Pembangunan ruas jalan tol Solo-Kertosono diharapkan akan selesai pada 2014 mendatang. Proyek pembangunan jalan yang menelan biaya investasi sebesar Rp10,77 triliun itu merupakan kerjasama pembangunan antara pemerintah dan swasta.

"Saya harapkan tahun 2014 sudah selesai karena tanah relatif tidak ada masalah. Semua bisa dicarikan solusinya tidak sampai deadlock seperti ruas tol lainnya," ujar Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, seperti dikutip situs resmi Kementerian PU, Minggu (8/4).

Djoko menjelaskan, konstruksi ruas tol Solo-Kertosono dibangun oleh pemerintah dan swasta. Ruas Colomadu-Karanganyar sepanjang 20,9 kilometer dan Saradan-Kertosono sepanjang 40,1 kilometer akan dikerjakan pemerintah. 

Alasannya nilai kelayakan finansial tergolong rendah sebesar 17,5 persen dengan nilai konstruksi ruas tol yang menjadi tugas pemerintah itu sebesar Rp3,55 triliun.

Sementara itu, pihak swasta mendapat jatah pengerjaan ruas Karanganyar-Saradan sepanjang 120 kilometer dengan nilai konstruksi Rp5,57 triliun. Biaya-biaya ini masih belum termasuk dana pembebasan lahan tol sepanjang 181 kilometer sekitar Rp1,85 triliun. Sehingga, total investasi Solo-Kertosono mencapai Rp10,77 triliun.

"Tol ini di ujung-ujungnya memang menjadi tugas pemerintah untuk membangunnya. Namun, di bagian tengah akan dilakukan oleh investor," tambah Djoko.(Wahyu Sabda Kuncahyo)
Komentar Anda
Komentar facebook