Persija sempat unggul 0-2 dari tuan rumah Persiba Balikpapan hingga menit ke-89.

Persija Ditahan Imbang Persiba Balikpapan, 2-2

Langkah Persija Jakarta untuk meraih poin penuh terhenti di tangan Persiba Balikpapan. Kala bertandang ke kandang Persiba di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Jumat (27/4), Persija dipaksa ditahan imbang, 2-2 oleh tuan rumah.
Jumat , 27 Apr 2012 22:52 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Langkah Persija Jakarta untuk meraih poin penuh terhenti di tangan Persiba Balikpapan. Kala bertandang ke kandang Persiba di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, Jumat (27/4), Persija dipaksa ditahan imbang, 2-2 oleh tuan rumah.

Padahal persija sempat unggul 0-2 dari tuan rumah persiba hingga menit ke-89. Gol 'Macan Kemayoran' dicetak Pedro Javier dan sepakan Robertino Pugliara padamenit ke-55.

Persiba baru bisa menyamakan kedudukan lewat penalti Aldo Baretto menit ke-90 dan gol Shohei Matsunaga di menit ke-90+3. Gol Matsunaga yang dihasilkan dari sundulan kepalanya, berasal dari umpan tarik jauh dari Syaiful Lewenusa dari sayap kanan lapangan tengah Persija.

Aldo melompat bersama bek-bek Persija, ia menerima bola itu dengan kepala, namun tidak langsung menyudulnya ke mulut gawang. Aldo malah memberikannya kepada Matsunaga, yang juga meneruskannya dengan kepala, dan sukses melewati kiper Andritanny.

Kedudukan akhir 2-2 itu melegakan tak kurang dari 5.000 penonton fanatik "Beruang Madu". Tetapi, hasil itu juga terlihat membuat berang para ofisial Persija. Di babak pertama, sundulan Pedro Javier tak terhadang I Made Wirawan. Persija unggul 0-1.

Upaya Persiba mengurung pertahanan Macan Kemayoran tak membuahkan hasil, terutama karena penampilan gemilang Galih Sudaryono, kiper Persija yang musim lalu justru berkostum Persiba. Babak kedua baru berjalan 10 menit ketika bekas pemain Persiba lainnya, Robertino Pugliara, lolos dari pengawalan Supriyadi dan Tomislav Labudovic.

Akselerasinya dengan si kulit bundar memaksa kiper Made Wirawan maju menutup ruang tembak. Namun demikian, Pugliara beraksi sepersekian detik sebelum badan Made menghalangi arah gerak bola. Bola di-chop dan melayang melewati Made yang sudah menjatuhkan badan menerkam, 0-2.

Persiba pun ketinggalan dengan sisa waktu pertandingan 30 menit. Bayang-bayang kekalahan kembali menghantui penonton. Lawan Persija di empat pertemuan terakhir, Persiba selalu kalah. Baik main di Balikpapan atau pun di Jakarta.

Di Balikpapan pada dua musim lalu, Persiba disikat 0-1. Sepanjang musim 2010-2011, baik di kandang maupun di tandang, Persiba kalah. Musim ISL 2012 ini, Persiba sudah dibantai 4-0 di Jakarta.

Kekalahan dari Persija itu pula yang menyebabkan pelatih Hariyadi didepak dan digantikan Peter Butler awal Maret lalu. Dan entah disadari atau tidak, Butler bersama Persiba tidak pernah kalah lawan Persija.

Kemenangan terakhir Persiba atas Persija terjadi di paruh pertama musim 2009 di Balikpapan. Bambang Pamungkas cs dibekap 2-0 oleh gol Adrian Trinidad. Dengan optimisme tersebut, pelatih asal Leeds, Inggris ini menambah jumlah striker Persiba.

Ia menurunkan Eki Nurhakim dan menarik Asri Akbar. Supriyadi yang kelelahan digantikan Syaiful Lewenusa. Daya gedor Persiba bertambah, tapi waktu berjalan terus. Beberapa peluang berhasil diciptakan hingga membuat kemelut di depan gawang Persija?yang kemudian terpaksa menggantikan kiper Galih yang cedera dengan Andritanny.

Menjelang menit ke-90, kemelut di depan gawang Persija berbuah hukuman penalti. Bek tinggi besar Precious Emu didakwa menarik jatuh Kenji Adachihara. Hamdani yang memprotes berlebihan pun diberi kartu kuning oleh wasit.

Eksekusi Aldo Baretto berlangsung mulus. Bola melaju kencang ke kanan gawang. Andirtanny yang melayang mengikuti arah bola tetap tak cukup cepat menghentikan si kulit bundar. Waktu normal habis.

Inspektur pertandingan memberi tambahan waktu 5 menit. Persiba yang moralnya kembali bangkit tak mau menyerah kalah begitu saja. Di menit ke-92, Syaiful Lewenusa membawa bola menyisir sisi kiri lapangan. Hadangan Ismed Sofyan membuat ia berhenti, melihat posisi rekan-rekannya yang ternyata sudah memenuhi kotak penalti Persija.

Lewenusa memutuskan mengumpan langsung dari tengah dan diterima Aldo Baretto dengan sundulan, yang disambut Matsunaga dengan sundulan pula mengirim bola ke gawan Persija, 2-2.

Stadion bak pecah menyambut gol itu. Kembang api bertebaran ke langit malam dan stadion dipenuhi asap. Meski ada protes dari para pemain Persija, pertandingan tetap dilanjutkan hingga kemudian wasit meniup peluit mengakhiri pertandingan. [mad/ant]
Komentar facebook