KPPU Anggap Akuisisi Berau Coal Energi Sah

Minggu , 24 Jun 2012 16:45 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyatakan akuisisi saham PT Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim dan PT Mutiara Tanjung Lestari oleh PT Berau Coal Energy Tbk sah.

"Penilaian KPPU itu didasarkan pada pemberitahuan PT BErau Coal Engergy Tbk, 21 Juni 2011," kata Kepala Humas dan Komisi Hukum KPPU Ahmad Junaidi dalam rilis yang diterim Skalanews.com, Minggu (24/6).

Junaidi menyebut, dari penilaian yang dilakukan berdasarkan kriteria pemberitahuan diketahui asset gabungan antara Berau Coal Energy dengan Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim dan Mutiara Tanjung Lestari sebesar Rp 16,669 triliun. Sedangkan nilai penjualan gabungan antara Berau Coal Energy dengan Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim dan Mutiara Tanjung Lestari senilai Rp 9.587 triliun.

"Komisi berpendapat tidak ada dugaan praktek monopoli dan persaingan usaha tidak sehat yang diakibatkan oleh pengambilalihan saham PT Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim dan PT Mutiara Tanjung Lestari oleh PT Berau Coal Energy Tbk," kata Junaidi menambahkan.

KPPU juga menyimpulkan pengambilalihan Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim merupakan upaya untuk lebih mengembangkan kegiatan usaha jasa pengangkutan batu bara dan untuk mendapatkan peralatan dan jasa penunjang dalam peningkatan produksi batu bara anak perusahaan. 

Dari hasil penilaian diketahu konteks pasar bersangkutan, yakni kegiatan usaha Berau Coal yaitu eksplorasi, pengembangan, penambangan, pemasaran, perdagangan, dan pengangkutan batu bara di Kalimantan.

Sementara Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim bergerak dalam bidang pelayaran dan jasa angkutan laut, dan Mutiara Tanjung Lestari bergerak di bidang jasa pengangkutan hasil tambang. 

Hasil analisis market forclosure juga menyatakan bahwa pengambilalihan PT Pelayaran Sanditia Perkasa Maritim dan PT Mutiara Tanjung Lestari oleh PT Berau Coal Energy Tbk  tidak mengakibatkan perubahan konsentrasi pada industri ketiga perusahaan tersebut berada. 

Karena produk dari ketiga perusahaan tersebut adalah produk yang saling berkaitan dalam mendukung kegiatan usaha PT Berau serta berpengaruh baik karena akan lebih efektif dan efisien dalam melakukan kegiatan usaha.(nug)

Komentar Anda
Komentar facebook