Keduanya ditangkap setelah kesepakatan itu di sebuah kamar hotel Loews di Miami Beach.

Lukisan Mattisse yang Hilang Ditemukan di Florida

Sabtu , 21 Jul 2012 14:34 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Sklanews - Sebuah lukisan karya Henri Matisse Odalisque in Red Pants  yang hilang selama satu dekade terakhir di temukan di Florida, pekan ini oleh Biro Penyidik Federal (FBI) AS.

FBI menyebut lukisan itu dicuri dari Museum Imber Sofia Seni Kontemporer di Caracas Venezuela pada tahun 2002. Saat ini di pasar lukisan itu dihargai senilai 3 juta dolar AS.

Agen FBI yang menyamar sebagai pembeli menangkap dua tersangka Pedro Antonio Marcuello Guzman, dan Maria Martha Elisa Ornelas Lazo  ketika mereka mencoba untuk menjual lukisan itu di Miami, CNN melaporkan.

Menurut pernyataan dari FBI dan jaksa federal, Pedro Antonio Marcuello Guzman bahwa lukisan yang dibawanya merupakan barang curian dan ingin menjualnya seharga 740 ribu dolar. 

Setelah harga disepakati, Ornelas membawa lukisan dalam tabung merah dari Meksiko melalui Bandara Internasional Miami sebelum dia dan Marcuello bertemu dengan agen yang menyamar untuk menyerahkan lukisan. 

Keduanya ditangkap setelah kesepakatan itu di sebuah kamar hotel Loews di Miami Beach.

Museum Sofia Imber membeli lukisan dari Galeri Marlborough di New York pada tahun 1981 sebesar senilai 400 ribu dolar dan memamerkannya sejak saat itu. Kecuali untuk pinjaman singkat untuk sebuah pameran Spanyol pada tahun 1997.

Pada bulan November 2002, seorang kolektor seni  Miami keturunan Venezuela Genaro Ambrosino mengirim email ke museum dan mengatakan bahwa dia mendengar lukisan itu dijual.  Rita Salvestrini direktur museum itu menyangkalnya dan mengatakan bahwa lukisan itu berada di museum. 

Sebulan kemudian, para ahli menemukan bahwa lukisan di museum ternyata palsu. 

Namun, Salvestrini juga dikirimi salinan dokumen otorisasi penjualan atas nama pendiri museum yang telah dipecat dari kantor lelang Sotheby di Miami. (nug)

Komentar Anda
Komentar facebook