"Perpres itu bisa mempercepat proyek-proyek yang digarap oleh BUMN,"

Hatta: Perpres No 71 2012 Percepat Selesaikan Masalah Lahan

Menteri Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, bahwa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 tahun 2012 yang baru dikeluarkan presiden, sangat membantu mempercepat proyek-proyek MP3EI.
Jumat , 10 Ags 2012 16:08 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomi, Hatta Rajasa mengatakan, bahwa Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 tahun 2012 yang baru dikeluarkan presiden, sangat membantu mempercepat proyek-proyek MP3EI.

"Perpres itu bisa mempercepat proyek-proyek yang digarap oleh BUMN, termasuk akan mendorong realisasi program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Indonesia (MP3EI)," ujar Hatta, di Jakarta 10 Agustus 2012.

Hatta berharap proyek-proyek BUMN yang tertahan dengan masalah tanah, dapat segera terselesaikan. Terutama pembangunan kereta api, bandara, dan pelabuhan.

Hatta menjelaskan Perpres itu mengatur bagaimana durasi waktu keseluruhan penyelenggaraan pembebasan tanah untuk kepentingan umum paling lama (maksimal) 583 hari. Sehingga menurutnya ada kepastian yang jelas, dan tidak berlarut-larut.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 71 Tahun 2012 Perpres ini mengatur tata cara pengadaan tanah untuk kepentingan umum dari tahapan perencanaan, tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, sampai dengan penyerahan hasil. Perpres ini akan diprioritaskan untuk pembebasan lahan proyek-proyek tol yang saat ini banyak terkendala lahan.

Hatta memaparkan, jika sampai waktu yang ditentukan tidak ada kesepakatan dengan masyarakat terkait lahan, maka pemerintah pusat meminta Gubernur untuk membentuk tim yang mengkaji permasalahan. "Gubernur nanti yang menentukan, apakah akan dipindahkan ketempat lain atau mencoba bernegosiasi lagi," ungkapnya.[Khaled Muhamad]
Komentar facebook