Soal energi terbarukan, Indonesia kalah jauh oleh Brasil, bahkan oleh Filipina.

Minim, Pemanfaatan Energi Terbarukan di Indonesia

Minggu , 16 Sep 2012 22:20 WIB
  
  
A+ | Reset | A-
Skalanews - Meski Indonesia dikenal memiliki potensi energi terbarukan yang melimpah, namun pemanfaatannya saat ini masih sangat terbatas. 

"Potensi energi terbarukan di Indonesia sangat besar, tapi yang
dimanfaatkan masih di bawah lima persen,”kata Hindun Mulaika kepala Divisi Kampanye Greenpeace bidang Iklim dan Energi Terbarukan, Minggu (16/9).

Menurut Hindun, pengembangan energi terbarukan mestinya jadi konsen utama pemerintah. Karena lewat energi terbarukan, pemenuhan kebutuhan dan keadilan akan  listrik bagi seluruh masyarakat Indonesia bisa dilakukan. "Jadi pengembangan sumber energi terbarukan butuh dukungan kuat dari pemerintah."

Menurutnya, soal energi terbarukan, Indonesia kalah jauh oleh Brasil, bahkan oleh Filipina. 

Negeri Samba, misalnya, mampu memanfaatkan potensi energi terbarukannya hingga 85 persen yang digunakan untuk  kebutuhan listrik masyarakat Brazil. 

"Padahal, Indonesia memiliki banyak potensi energi seperti tenaga angin, surya, gelombang samudera dan lainnya," kata dia.

Dia juga menyorot soal beban  subsidi BBM yang ditanggung APBN. 

Jika ketergantungan pada subsidi tak segera dikurangi, akan muncul  berbagai persoalan di masa datang. Dia menyebut energi terbarukan adalah solusi di masa depan. Apalagi, energi terbarukan ramah lingkungan.(gus)

Komentar Anda
Komentar facebook