Selasa, 21 Januari 2020 | 09:58 WIB
Ronaldo banyak menjawab pertanyaan wartawan dengan ketus dan mimik wajah kurang bersahabat.
Ronaldo Bikin Kesal Media China
Rabu, 3 Agustus 2011 | 14:42 WIB
-
Guangzhou -  Sikap arogan yang diperlihatkan Christiano Ronaldo saat jumpa pers, Selasa (2/8) kemarin, membuat kesal insan media dan penggila bola di China.

Dalam pers conference sebelum laga persahabatan Real Madrid melawan Guangzhou Evergrande, Ronaldo banyak menjawab pertanyaan wartawan dengan ketus dan mimik wajah kurang bersahabat.

"Ia selalu kelihatan amat arogan dan mementingkan diri sendiri," kata Wakil Ketua Titan Media, salah satu penerbit olah raga terbesar di China, ketika mengomentari pemain sayap terbesar dan amat populer di China, termasuk Kaka dan Lionell Messi.

"Sikapnya itu tidak akan mendukung pamornya di China," sambung Yan kepada AFP.

Media internet dengan pengunjung paling banyak di China--terbesar di dunia, sekitar 485 juta--juga merasa terhenyak dengan sikap pemain berusia 26 tahun dari Portugal itu.

"Saya tidak tahu, apakah Ronaldo masih dapat terpilih sebagai pemain terbaik dunia tahun ini. Tetapi saya yakin ia dikecam atas sikapnya dalam temu pers itu," tulis seorang dengan nama "wangjihe" dalam portal kondang, Netease.

"Ronaldo amat bagus bermain sepak bola, ia juga cakep, tetapi ia benar-benar tidak modis," tulis seorang di internet dengan menggunakan nama (dengan nomor 7726693116).

"Ia harus menyewa perusahaan Humas untuk mengajarinya bagaimana cara berhubungan dengan media," tulisnya.

Penulis lainnya, dengan nama (9513638962), lebih berang, " ketika menuliskan: "Lihat dirimu sendiri Ronaldo, pulanglah!"

Ketika ditanya dalam temu pers tentang kondisi rekan setimnya, Kaka, Ronaldo, yang menjadi pemain termahal dunia ketika ia meninggalkan Manchester United dan bergabung dengan Real pada 2009 dengan harga 80 juta pound, menjawab, "Perfecto."

Untuk mengembalikan suasana temu pers menjadi lebih akrab, wartawan China lainnya bertanya kepada Ronaldo--yang menjadi ayah tahun lalu--apakah ia juga mengganti popok anaknya.

"Tentu saja, sebagai ayah normal mengganti popok anaknya," jawab Ronaldo denga nada ketus, dalam bahasa Inggris.

Kemudian AFP bertanya apakah ia akan kembali ke United atau masuk tim Inggris, ia mengatakan, "Mungkin, kenapa tidak? Anda tidak pernah tahu."

Ketika ditanya kesannya tentang Guangzhou, Ronaldo menjawab sinis, Guangzhou merupapak kota yang sangat panas.

"Pertanyaan yang diajukan kepadanya banyak yang tidak menyangkut sepak bola. Pendukung di China berbeda dengan pendukung sepak bola di Eropa. China menginginkan informasi lebih banyak tentang kehidupan peribadi dari pemain dambaan mereka itu," kata Yan. (zhank's/ant)

  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar