Selasa, 20 November 2018 | 07:21 WIB
23 Klub Papua Bersiap untuk Piala Nusantara
Sabtu, 26 April 2014 | 22:17 WIB
-

Skalanews - Direktur Kompetisi Asosiasi PSSI Provinsi Papua Rocky Bebena meminta 23 klub sepak bola yang ada di daerah itu untuk menyiapkan diri mengikuti ajang Piala Nusantara yang akan digelar dalam waktu dekat.

"Kepada 23 klub atau tim sepak bola Divisi II dan III yang ada di Papua untuk siapkan diri guna mengikuti ajang Piala Nusantara dalam waktu dekat ini," kata Rocky Bebena kepada Antara di Jayapura, Papua, Sabtu.

Menurutnya, kompetisi Divisi II dan III ditiadakan oleh Asosiasi PSSI Pusat dan diganti dengan ajang kompetisi Piala Nusantara. Dan untuk Papua, karena faktor geografis yang kurang mendukung, Asosiasi PSSI Papua telah meminta agar sistem laga tandang-kandang ditiadakan.

Dan hal itu telah mendapat persetujuan atau pengecualian bagi Asosiasi PSSI Papua untuk menggelar kompetisi Piala Nusantara tanpa laga tandang-kandang. "Kami memberikan alasan kepada Asosiasi PSSI Pusat, jika laga tandang-kandang diberlakukan maka faktor biaya bagi klub akan meningkat dan bisa terkendala transportasi yang bergantung pada cuaca," katanya.

Untuk itu, pihaknya sudah mengusulkan dengan membagi wilayah. "Ada empat wilayah yang kami rencanakan untuk gelar Piala Nusantara itu, yakni di Merauke, Wamena, Jayapura dan Nabire. Jadi tim-tim terdekat dengan empat wilayah itu akan bergabung di dalamnya," katanya.

Dan untuk tim yang lolos, kata Rocky, kuota yang ada Papua akan memiliki tiga tim untuk lols ke babak selanjutnya. "Kuotanya begini, jika ada 11 tim maka dua tim yang lolos, tapi jika ada 23 tim, maka tiga tim yang akan lolos ke babak selanjutnya," katanya.

Ketika disinggung 23 tim atau klub yang berlaga di Piala Nusantara itu dara mana saja. Rocky menjawab,"Ke-23 tim itu di antaranya Persiker Keerom, Persimi Sarmi, Mamberamu United, Merauke Putra, Persimer Merauke, CDFC Freeport, PS Freeport, Emsyk, dan belasan tim lainnya," katanya.

Rocky Bebena sampaikan, Asosisasi PSSI Pusat memberikan tenggat waktu sebelum September 2014 laga Piala Nusantara wilayah Papua sudah selesai dilaksanakan.

 "Untuk itu, bagi tim atau klub-klub asal Papua yang pada waktu lalu berlaga di Divisi II dan III agar mempersiapkan diri guna ikuti Piala Nusantara. Dan tidak ada pembatasan umur bagi para pemain," tambahnya. (ant/mar)


  
  
Berita Terkait:
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar