Sabtu, 19 Januari 2019 | 07:06 WIB
Kecemerlangan kiper I Made Wirawan membuat Indonesia lolos dari kekalahan.
Tahan Arab Saudi, Wim Happy
Jumat, 7 Oktober 2011 | 22:19 WIB
-
Pelatih tim sepak bola nasional Indonesia Wim Risjbergen, merasa senang dengan penampilan anak asuhnya yang berhasil menahan imbang Arab Saudi tanpa gol, dalam uji coba di Shah Alam Stadium, Malaysia, Jumat (7/10).

"Kami mencoba formasi dengan menurunkan pemain-pemain muda dan sepertinya mereka bisa menjalankan tugas dengan baik. Ada banyak peluang mencetak gol, sayang gagal terwujud. Laga hari ini cukup baik buat kami jelang menghadapi Qatar," kata Wim.

Ditekan sejak kick off oleh raksasa Teluk, membuat pasukan merah putih bertahan total pada 10 menit awal. Kecemerlangan kiper I Made Wirawan membuat Indonesia lolos dari kekalahan.   

Pasukan Garuda sendiri, yang turun dengan formasi 4-3-3, berusaha mengancam pertahanan Arab Saudi dengan sejumlah serangan balik. Peluang timnas sempat tercipta lewat tendangan Muhammad Ilham di menit ke-14, namun sayang tendangan tersebut melebar.

Di barisan belakang, timnas tampil cukup apik. Para pemain menempel ketat para penyerang Arab dan cukup disiplin menjaga posisi. Sehingga serangan demi serangan pemain dari negeri kaya minyak ini berakhir buntu.

Di 45 menit berikutnya, kedua kesebelasan tampil dengan tempo lebih tinggi dan cepat. Beberapa peluang tercipta, namun tak satu pun menghasilkan gol. Hingga pertandingan usai kedudukan tetap 0-0.

Wim mengaku, belum bisa menjamin apakah materi pemain yang ia turunkan menahan imbang Arab Saudi ini akan menjadi starter di laga krusial melawan Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, pada Selasa (11/10).

"Pemain kami banyak yang sedang dalam proses penyembuhan. Karena itu, kami akan melihat lagi siapa saja yang akan tampil sebagai starter saat melawan Qatar. Intinya, semua pemain punya kesempatan yang sama," pungkas Wim.

Sementara Ketua Umum PSSI Prof. Djohar Arifin Husin mengatakan, hasil imbang dengan Arab Saudi bakal menjadi modal yang baik bagi timnas senior menghadapi laga berikut di babak penyisihan grup. Ia berharap jajaran pelatih timnas segera melakukan evaluasi.

"Apa yang kurang segera ditutupi sehingga kita bisa melakoni laga berikut dengan baik. Masih ada empat sisa laga yang akan dimainkan. Kita berharap bisa dilakoni dengan baik," tegas Djohar. (buj)


  
  
KOMENTAR:
Nama
Email
Komentar