Senin, 20 Mei 2019 | 05:40 WIB
PT Mitra Adiperkasa, Tbk membukukan pertumbuhan penjualan 21 persen pada kuartal pertama 2011 dan targetnya mencapai 1.000 gerai pada akhir tahun ini.
Mitra Adiperkasa Ekspansi Untuk 1.000 Gerai
Sabtu, 11 Juni 2011 | 00:46 WIB
foto.istw -
Jakarta – Kinerja PT Mitra Adiperkasa, Tbk (MAP) pada tahun tampaknya kian kinclong. Hal ini dibuktikan dari penjualan MAP yang mengalami pertumbuhan 21 persen di kwartal pertama 2011 ini.

Seperti yang dikemukakan Wakil Presiden Direktur PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), Virendra Prakash Sharma saat melakukan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) yang digelar di GrandHyatt Hotel, Jakarta pada Jumat (10/6) bahwa pasar ritel di Indonesia saat ini masih cukup menarik dan mampu meningkatkan pertumbuhan. Target pertumbuhan sales perseoran hingga akhir tahun mencapai 20 persen secara year on year.

Lebih lanjut Virendra mengatakan MAP pada kwartal pertama ini juga perusahaan mampu membukukan peningkatan laba usaha sebesar 56 persen menjadi Rp 82 miliar. Sedangkan peningkatan laba usaha ini diikuti dengan pertumbuhan laba bersih perseroan sebesar 45 persen menjadi Rp 44 miliar.

Melihat parameter ekonomi makro Indonesia dan pertumbuhan kinerja keuangan kwartal pertama 2011 yang kinclong ini, pihaknya optimis kinerja MAP hingga akhir tahun ini akan menggalami pertumbuhan yang bagus.

Meski kinerjanya sudah terbilang cukup menjanjikan, namun MAP belum puas dengan jumlah gerai yang sudah tersedia. Untuk meningkatkan jumlah penjualannya di tahun 2011 ini perseroan berencana akan membuka tak kurang dari 1.000 gerai. Virendra menambahkan gerai yang dibuka tak hanya di wilayah Jawa saja.  

"Hari ini kami menyampaikan tentang rencana untuk menambah jumlah gerai hingga secara keseluruhan akan berjumlah lebih dari 1.000 gerai pada akhir 2011 ini," ungkapnya.

Gerai yang akan dibuka termasuk Department Store, Fashion and Lifestyle, sport, Food and Beverages dan Kids. Saat ini MAP telah memiliki sebanyak 913 gerai yang terletak di 25 kota besar di Indonesia.

"Seperti tahun ini, MAP berencana membuka gerai di sejumlah kota antara lain, Jayapura, Palu, dan Ambon. Baru-baru ini MAP membuka gerai Starbucks yang pertama di Batam, yang merupakan kota ke-9 bagi Starbucks," tutur Virendra.

Perlu diketahui, MAP dikenal sebagai distributor utama untuk 90 merek internasional, seperti Marks and Spencer, Swatch, Adidas, Converse, Burger King, Starbucks, dan Sogo. Bahkan, tegas Virendra akan terus mempertahankan brand yang dimilikinya dan akan terus menambah jumlah brand yang belum dimiliki seperti seperti Payless, BCBG, Stradivarius, H.E. by Manggo, Bershka, Warehouse, dan Travelogue.

Ia menjelaskan bahwa penambahan merek-merek baru akan dilakukan secara selektif untuk melengkapi bisnis utama serta mengukuhkan posisi pihaknya sebagai perusahaan ritel gaya hidup di Indonesia. (pri/bus)