Selasa, 22 Oktober 2019 | 08:19 WIB
Kami melihat kalau di Eropa seperti saat ini besar sekali pengaruhnya terhadap negara yang mendukung investasi di Indonesia. SPN kita perkirakan sampai akhir tahun bisa menjadi enam persen sedangkan pada 2012 bisa jadi 6,4 persen
Krisis Global Pengaruhi Suku Bunga SPN Jadi 6,4 Persen
Kamis, 15 September 2011 | 17:03 WIB
ilustrasi [foto-ist] -
Jakarta - Menteri Keuangan, Agus Martowardjojo mengakui ketidakpastian perekonomian global saat ini ternyata berpengaruh terhadap suku bunga Surat Perbendaharaan Negara (SPN) berjangka tiga bulan. Menurutnya, dalam asumsi makro RAPBN 2012, suku bunga SPN akan berada di kisaran 6,4 persen.

"Kami melihat kalau di Eropa seperti saat ini besar sekali pengaruhnya terhadap negara yang mendukung investasi di Indonesia. SPN kita perkirakan sampai akhir tahun bisa menjadi enam persen sedangkan pada 2012 bisa jadi 6,4 persen," ujar Agus, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/9).

Menurutnya, suku bunga SPN 3 Bulan lebih realistis di angka 5,5-6,5 persen karena adanya kecenderungan suku bunga ini naik akibat terjadinya krisis global.

Dia menjelaskan, jika dalam perjalanannya terjadi sesuatu, penetapan suku bunga tidak akan berkendala pada kebijakan moneter karena ini suku bunga paling realistis. "Di 2012 akan ada kecenderungan naik, pasang mulai 5,5-6,5 persen untuk mengakomodir. Ini angka paling realistis," tegasnya. (wah)