Selasa, 12 November 2019 | 06:34 WIB
Selama ini secara alami itu tiap tahun ada tambahan satu jutaan. Kita harapkan dengan adanya SPN ini bisa naik tiga kali lipat dari yang semestinya
Diharapkan SPN Bisa Raup 3 Juta Wajib Pajak
Jumat, 30 September 2011 | 20:57 WIB
Dirjen Pajak Kemenkeu, Fuad Rahmany [foto-ist] -
Skalanews – Direktorat Jenderal Pajak menargetkan tambahan Surat Pemberitahuan (SPT) Pajak Penghasilan (PPh) sebanyak tiga juta wajib pajak atau naik hingga 200 persen dari pelaksanaan Sensus Pajak Nasional (SPN).

Seperti yang dikatakan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan, Fuad Rahmany bahwa target utama dari penertiban pajak kali ini adalah menyasar para wajib pajak.

"Kalau dari SPT kita harapkan ada tambahan sekitar tiga juta. Selama ini kan secara alami itu tiap tahun ada tambahan satu jutaan, tapi kita harapkan dengan adanya sensus ini bisa naik tiga kali lipat dari yang semestinya," ujar Fuad, usai peresmian SPN, di Mangga Dua Square, Jakarta, Jumat (30/9).

Fuad menambahkan untuk jangka panjang dari pelaksanaan sensus pajak tidak lain adalah  meningkatkan basis penerimaan pajak yang ada. Karena jumlah wajib pajak sudah seharusnya ditambah, melihat jumlah penduduk Indonesia yang ada dan tentunya dari jumlah wajib pajak yang seharusnya terdaftar.

"Karena selama ini faktanya jumlah wajib pokoknya kecil sekali sehingga penerimaan negara tidak cukup besar untuk memberikan pelayanan umum dan untuk membangun infrastruktur kita," katanya.

Ditambahkannya, untuk wajib pajak yang berupa badan usaha, dalam waktu tiga tahun ke depan diharapkan bisa naik hingga 10 kali lipat. Di mana pada akhir 2014 bisa memenuhi target sebanyak 5 juta badan usaha yang membayar pajak.
 
Sedangkan untuk wajib pajak pribadi, Fuad mengaku cukup kesulitan dalam hal mengakses. Namun tentunya hal ini akan dipelajari lebih lanjut pada pengalaman sensus kali ini. (wahyu sk/bus)